sunbanner

Kalimantan Tenggara Sukses Buat DKI Jakarta Iri, Provinsi Baru Ini Bakal Calon Wilayah Metropolitan Sebab Pembentukan IKN

Kalimantan Tenggara Sukses Buat DKI Jakarta Iri, Provinsi Baru Ini Bakal Calon Wilayah Metropolitan Sebab Pembentukan IKN

daerah-ikedaleo/pixabay-

Kalimantan Tenggara Sukses Buat DKI Jakarta Iri, Provinsi Baru Ini Bakal Calon Wilayah Metropolitan Sebab Pembentukan IKN. 

Menempatkan ibu kota negara dalam satu provinsi seperti DKI Jakarta menjadi alasan utama yang mendorong wacana terbentuknya Provinsi Kalimantan Tenggara. 



Melalui pemekaran sebagian wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Selain itu, kebijakan ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mendistribusikan pembangunan dan kebijakan pemerintah dengan lebih merata.

Meskipun belum ada keputusan resmi, perkiraan mengindikasikan bahwa ibu kota provinsi baru ini mungkin akan berada di Kota Baru atau kemungkinan di wilayah Paser.





×

Uniknya, perbedaan pendekatan terhadap wacana pemekaran ini adalah keinginan masyarakat yang menjadi pendorong utama, tidak semata-mata didorong oleh kepentingan politik.

Namun, beberapa hambatan muncul, terutama terkait dengan masalah birokrasi dan persetujuan dari pemerintah pusat.

Proses ini tentu memerlukan waktu yang panjang dan rumit.

Meskipun masih berstatus sebagai rumor, pembentukan Provinsi Kalimantan Tenggara diharapkan dapat membawa dampak positif pada pemerataan pembangunan, sektor pariwisata. 

Selain itu, pertanian, dan industri, sekaligus membuka peluang ekonomi baru bagi penduduk lokal.

Baca juga: Mengintip Perubahan Pemetaan! Provinsi Lampung Beberkan Nama dan Sketsa Batas Daerah yang Penuh Kejutan, Sesuai dengan Harapan Bukan?

Baca juga: Maha Karya Ridwan Kamil! Gedung Tertinggi di Jawa Barat Ini Kalahkan Patung Liberty? Beri Anggaran Fantastis Hingga Rp 100 Milliiar

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr