sunbanner

Sumatera Barat Jadi Sorotan Usai Bandara Terkecil Seluas 900 Meter Ini Segera Tenggelam Tahun 2025 Mendatang? Begini Penjelasan Selengkapnya

Sumatera Barat Jadi Sorotan Usai Bandara Terkecil Seluas 900 Meter Ini Segera Tenggelam Tahun 2025 Mendatang? Begini Penjelasan Selengkapnya

bandara -yeray-sanchez/unplash-

Seiring berjalannya waktu, bandara ini mengalami ancaman serius yang dapat mengancam eksistensinya.

Salah satu ancaman utama adalah abrasi, yang mengakibatkan landasan pacu semakin pendek karena jaraknya dengan bibir pantai yang semakin dekat. Hanya tersisa sekitar 800-850 meter yang dapat digunakan, sementara sebelumnya panjang landasan pacu mencapai 900 meter.



Penyebab lain dari ancaman bandara ini adalah pengambilan batu karang oleh masyarakat sekitar untuk keperluan pembangunan rumah.

Kedua faktor ini, abrasi dan pengambilan batu karang, menjadi pemicu utama mengapa bandara ini dikabarkan tenggelam dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Bandara tersebut, dikenal sebagai Bandara Rokot Sipora, yang terletak di Desa Rokot, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, kemudian mengalami pergantian.





×

Pemerintah membangun Bandara Rokot Mentawai yang baru untuk menggantikan bandara lama yang terbatasi oleh laut lepas.

Baca juga: Punya Rencana Lain? Provinsi Kalimantan Tengah Bikin Rencana Pemekaran Guna Ciptakan Daerah Otonomi Baru, Kota Mana yang Diusulkan?

Baca juga: UMK Kalimantan Timur Dipastikan Naik 15 Persen! Balikpapan Paling Menggiurkan Usai Penetapan Jumlah Gaji Baru Bisa Tembus Rp 3,5 Jutaan Loh

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr