sunbanner

Bentangnya Megah, Bendungan di Jawa Timur Berpotensi Tenggelamkan 11 Desa Jika Jebol, Jadi DAM Terbesar Kapasitas 122 Juta m³ di JATIM

Bentangnya Megah, Bendungan di Jawa Timur Berpotensi Tenggelamkan 11 Desa Jika Jebol, Jadi DAM Terbesar Kapasitas 122 Juta m³ di JATIM

Pekanbaru Iri, Kota Kecil Ini Bangga Punya Bendungan Terbesar di Indonesia! Simak Rahasianya di Balik 101 m3 Kubik Air!-UNPLASH-

Kelima waduk dan bendungan tersebut adalah Waduk Bajul Mati, Bendungan Wonorejo, Waduk Bening Widas, Bendungan Lahor, dan Waduk Gondang.

Menariknya, salah satu di antara kelima waduk dan bendungan tersebut merupakan bendungan terbesar dan terluas di Jatim.



Berdasarkan informasi yang diambil dari kanal YouTube Update Pro pada tanggal 31 Juli 2021, bendungan terbesar dan terluas di Jatim adalah Bendungan Wonorejo.

Bendungan Wonorejo ini terletak di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Keberadaan bendungan ini memberikan manfaat yang signifikan bagi daerah tersebut, baik dalam hal pengairan pertanian maupun untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.





×

Bendungan Wonorejo, yang merupakan bendungan terbesar dan terluas di Jatim, mulai dibangun pada tahun 1977 hingga 1984.

Baca juga: Jayapura Makin Berjaya dan Siap jadi Megapolitan Baru Saingin Kota Jakarta dengan Jembatan Sepanjang 1,6 Km dan Dana Rp1,8 Triliun

Baca juga: Keajaiban HeHa Ocean View Yogyakarta, Destinasi Prewedding Luar Biasa Hingga Liburan Romantis Bareng Doi, Cek Lokasinya di Sini!

Bendungan ini memiliki kapasitas daya tampung air sebesar 122 juta m³ dengan debit 15.000 m³ per detik.

Bendungan Wonorejo, yang berjenis urugan batu, memiliki panjang tanggul sebesar 545 m, tinggi bendungan 100 m, dan volume timbunan mencapai 6,05 juta m³.

Fungsi utama bendungan ini adalah sebagai pusat tenaga listrik, sumber irigasi, sumber air bersih, pencegah banjir, dan juga sebagai objek wisata.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr