sunbanner

Bukan Imbas Pemekaran! Inilah Awal Mula Terbentuknya Manado, Minahasa hingga Tomohon, Asal Usul Akar Nama Daerah di Sumatera Utara Bisa Dikupas Tuntas Hanya di Sini

Bukan Imbas Pemekaran! Inilah Awal Mula Terbentuknya Manado, Minahasa hingga Tomohon, Asal Usul Akar Nama Daerah di Sumatera Utara Bisa Dikupas Tuntas Hanya di Sini

Gempita Maluku! Kabupaten Luas 4.430 Km2 Ganti Nama Setelah Disetujui Presiden: Terungkap Alasan di Balik Keputusan Mengejutkan!-PEXEL-

1. Manado

Menurut berbagai sumber, asal usul nama Manado masih diperdebatkan hingga saat ini. Ini karena tidak ada bukti fisik yang terekam dan terekam atas cerita tersebut.

Ada beberapa versi yang mencoba memberikan interpretasi. Ada yang mengatakan bahwa Wenang adalah nama pribadi sebelum menjadi Manado.



Versi lain menyebutkan bahwa nama Manado sebelumnya adalah Pogidon, kependekan dari opo Gidon (nama pemimpin/leluhur Bantik) yang mendirikan negara Pogidon.

Dari mana asal Manado? Kata Manado berasal dari bahasa daerah suku Sulawesi Utara. Pengucapannya berdasarkan dialek masing-masing. Orang Eropa menamakannya sesuai bahasa mereka.

Baca juga: Isu Pemekaran 2 Provinsi Daerah Otonomi Baru di Aceh, Perluasan Wilayah Sebagai Rencana untuk Masa Depan?





×

Baca juga: Usulkan Pemekaran Wilayah atau Pemekaran Daerah? Inilah Profil Kota dan Kabupaten Calon Provinsi Aceh

Baca juga: Tips Mudah Berobat Pakai BPJS Kesehatan Tanpa Antri dan Efektif Bisa Lewat Ini, Sediakan Program Terbaru

Meski kata Manado berasal dari bahasa setempat, kata yang hampir punah ini diadopsi oleh dokumen-dokumen Eropa.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa nama Manado ditemukan pada tahun 1523 oleh seorang navigator Portugis bernama Simao d'Abreu dan merupakan pulau yang berpenghuni sejak tahun 1339.

Dari beberapa versi yang berbeda dapat dipastikan bahwa kata Manado merupakan bahasa daerah di Sulawesi Utara yang hampir punah.

Asal usul nama Manado berasal dari Manarow atau Manadou (bahasa daerah Minahasa) yang berarti “jauh”, ungkapan yang hampir sama dengan bahasa Sangihe yaitu Manaro yang juga berarti “dijauh” atau “negeri yang jauh”.

Simak asal usul Minahasa hingga Tomohon, ada pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr