sunbanner

Bukan Imbas Pemekaran! Inilah Awal Mula Terbentuknya Manado, Minahasa hingga Tomohon, Asal Usul Akar Nama Daerah di Sumatera Utara Bisa Dikupas Tuntas Hanya di Sini

Bukan Imbas Pemekaran! Inilah Awal Mula Terbentuknya Manado, Minahasa hingga Tomohon, Asal Usul Akar Nama Daerah di Sumatera Utara Bisa Dikupas Tuntas Hanya di Sini

Gempita Maluku! Kabupaten Luas 4.430 Km2 Ganti Nama Setelah Disetujui Presiden: Terungkap Alasan di Balik Keputusan Mengejutkan!-PEXEL-

2. Minahasa

Minahasa merupakan salah satu daerah tertua di Sulawesi Utara.

Kabupaten ini terdiri dari 25 kecamatan, 227 desa, dan 43 kelurahan ini ternyata bukan bernama Minahasa sebelumnya.



Dilansir dari berbagai sumber bahwa sebelum dikenal Minahasa, nama yang digunakan adalah Malesung.

Nama Minahasa dipopulerkan oleh Belanda, dimana kata tersebut pertama kali dicetuskan oleh Residen J.D. Schierstein, 8 Oktober 1789.

Laporan tersebut memuat tentang perdamaian yang dilakukan oleh suku Bantik dan Tombulu (Tateli), peristiwa yang diberi nama “Perang Tateli”.





×

Minahasa sendiri berasal dari MINAESA, MAHASA, MINHASA yang artinya menjadi satu.

Kata "Minahasa" mengacu pada musyawarah tertinggi orang Minahasa di masa lalu untuk menyelesaikan perselisihan atau konflik di antara mereka, memecah belah suku, dan membicarakan persatuan melawan musuh dari luar.

3. Tomohon

Nama Tomohon sudah lama tercatat dalam dokumen sejarah. Tomohon dulunya merupakan ibu kota dari Kecamatan di Kabupaten Minahasa, namun pada tanggal 27 Januari 2003, wilayah tersebut dimekarkan menjadi kota Tomohon.

Dari mana asal nama Tomohon?

Menurut berbagai sumber, Tomohon merupakan kawasan hutan pegunungan dengan mata air yang melimpah pada zaman dahulu.

Orang-orang yang tinggal di daerah tersebut dikenal dengan nama Tou Mu'ung.

Kata “Tou” berarti orang, namun tidak diketahui secara pasti apa arti kata “Mu'ung”. Ada yang berpendapat bahwa kata "Mu'ung" berarti mata air.

Sumber lain mengatakan bahwa Mu'ung adalah nama seorang wanita tua yang tinggal di dekat sumber air, yang kemudian menjadi nama sumber tersebut.

Gabungan, Tou Mu'ung dapat diartikan sebagai orang mata air atau orang yang tinggal di mata air.

Namun, karena bahasa berubah dari waktu ke waktu, istilah "Tou Mu'ung" lambat laun menjadi Tomoho.

Demikian sekilas tentang asal usul nama tiga daerah dan kota di Sulawesi Utara, mohon maaf bila ada salah penulisan nama daerah atau informasi asal-usul kurang akurat. ***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr