sunbanner

Kabupaten Dompu dan Bima Jadi Daerah Paling Potensial Jika Pemekaran Nusa Tenggara Barat Terwujud! Luasnya Bisa Capai 15.424 Km

Kabupaten Dompu dan Bima Jadi Daerah Paling Potensial Jika Pemekaran Nusa Tenggara Barat Terwujud! Luasnya Bisa Capai 15.424 Km

daerah-afta-putra-gunawan/unplash-

Wacana Provinsi Pulau Sumbawa 

Rencana penetapan ibukota Provinsi Pulau Sumbawa di Kecamatan Sumbawa Besar atau Sumbawa Rae, Kabupaten Sumbawa, juga telah disusun.

Diperkirakan Provinsi Pulau Sumbawa akan memiliki luas wilayah mencapai 15.424 kilometer persegi, atau sekitar 76.64 persen dari luas wilayah Provinsi NTB.



Jumlah penduduk diperkirakan mencapai 1.561.461 jiwa, yang akan menyumbang sekitar 29.3 persen dari total penduduk Provinsi NTB.

Pemekaran daerah juga menjadi opsi ke depan, termasuk potensi pemekaran Kabupaten Sumbawa menjadi Kabupaten Sumbawa Tengah dan Kabupaten Sumbawa Timur.

Ibukota Provinsi Pulau Sumbawa, yakni Sumbawa Besar atau Sumbawa Rae, juga berpotensi menjadi kota otonom.





×

Batas wilayah Provinsi Pulau Sumbawa mencakup Selat Alas di sebelah barat, Samudera Indonesia di sebelah selatan, Selat Sape atau Pulau Komodo Provinsi NTT di sebelah timur, dan laut Flores Provinsi NTT di sebelah utara.

Pulau Sumbawa juga kaya akan pulau-pulau kecil seperti Gili Terawangan, Gili Meno, Gili Air, dan banyak lainnya.

Provinsi Pulau Sumbawa memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, dari keberadaan Gunung Tambora di Kabupaten Dompu dan Bima hingga sektor ekonomi seperti pertambangan, energi, perikanan, kelautan, pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

Dengan pengelolaan yang profesional, Pulau Sumbawa berpotensi menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi terbaik.

Baca juga: Bendungan Paling Panjang di Asia Tenggara Berada di Jawa Timur! Duit Rp 2,5 Tuh Abis Buat Bikin Petani Full Senyum!

Baca juga: Wong Jowo Full Senyum! Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Daerah ini, Gelontorkan Uang Rp 2 T Demi Petani dan Warga Mudah Beraktifitas, Hayo di Kabupaten Mana?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr