sunbanner

Kabupaten Dompu dan Bima Jadi Daerah Paling Potensial Jika Pemekaran Nusa Tenggara Barat Terwujud! Luasnya Bisa Capai 15.424 Km

Kabupaten Dompu dan Bima Jadi Daerah Paling Potensial Jika Pemekaran Nusa Tenggara Barat Terwujud! Luasnya Bisa Capai 15.424 Km

daerah-afta-putra-gunawan/unplash-

Sekretaris Komite Pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa (KP3S) Mataram, Salim HS, menegaskan perlunya mempertimbangkan berbagai jalur untuk mempercepat proses pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa.

Jalur politik, termasuk pengajuan hak inisiatif anggota DPR-RI, menjadi salah satu opsi, namun perlu menunggu rekomendasi Gubernur NTB.



Meski dalam tahap usulan, proses hukum dan respon pemerintah menjadi faktor kunci dalam mewujudkan Provinsi Pulau Sumbawa sebagai entitas otonom baru. Sekda NTB, Gita Ariadi, menegaskan bahwa isu tentang RUU Pemekaran Daerah di Provinsi NTB menjadi dua wilayah adalah hoaks.

Baca juga: Maospati Fix Bakal Keluar dari Magetan Usai Wilayahnya Tak Cukup Lagi Dihuni oleh Manusia, Akakan Penduduknya Pindah ke Wilayah Jawa Tengah?

Dia menjelaskan bahwa substansi RUU tersebut bukanlah pemekaran, melainkan penyesuaian dasar pembentukan Provinsi NTB dan kondisi aktual yang dianggap perlu.





×

Dengan dukungan dari warga dan potensi sumber daya alam yang melimpah, wacana pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa menjadi diskusi serius.

Meskipun masih dalam tahap usulan, proses hukum dan respons pemerintah menjadi faktor utama dalam mewujudkan Provinsi Pulau Sumbawa sebagai entitas otonom baru.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr