sunbanner

Kabupaten Luwu Utara Gak Nyerah Unjuk Gigi Bakal Jadi Calon Provinsi Baru Usai Wacana Sulteng Lakukan Pemekaran, Beneran Terwujud? 

Kabupaten Luwu Utara Gak Nyerah Unjuk Gigi Bakal Jadi Calon Provinsi Baru Usai Wacana Sulteng Lakukan Pemekaran, Beneran Terwujud? 

daerah-durong-an/unplash-

Pemekaran Sulawesi Selatan 

Salah satu kabupaten yang diajukan dalam wacana pemekaran Provinsi Sulsel adalah Kabupaten Luwu Tengah.

Meskipun masih dalam tahap perencanaan, enam kecamatan telah menyatakan kesiapan mereka untuk bergabung dalam Kabupaten Luwu Tengah.



Kecamatan tersebut meliputi Walenrang, Walenrang Timur, Walenrang Barat, Walenrang Utara, Lamasi Timur, dan Lamasi.

Rencana ini juga mencakup pemilihan ibukota, yang diharapkan berada di Kecamatan Walenrang.

Kabupaten Bone Selatan juga menjadi fokus wacana pemekaran Provinsi Sulsel. Sebanyak enam kecamatan, termasuk Kahu, Libureng, Salomekko, Bontocani, Patimpeng, dan Kajuara, menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Bone Selatan. Ibu kota Kabupaten Bone Selatan diusulkan berlokasi di Kecamatan Kahu.





×

Meskipun rencana pemekaran Sulsel dan pembentukan dua kabupaten baru ini telah matang, mereka masih terkendala oleh moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Moratorium ini diberlakukan untuk mencegah pemekaran yang berlebihan dan potensial menimbulkan masalah administrasi, anggaran, dan sumber daya manusia.

Baca juga: Data 2022 Ngomongin 5 Kabupaten di Kalimantan Timur yang Terkaya dan Warganya Sejahtera? Kebangetan Gak Ada Orang Miskin?

Baca juga: Wong Jowo Full Senyum! Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Daerah ini, Gelontorkan Uang Rp 2 T Demi Petani dan Warga Mudah Beraktifitas, Hayo di Kabupaten Mana?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Rambah Pulau Sulawesi MMKSI Resmikan Dilernya Yang ke-176 Di Morowali

Jumat / 19-04-2024,19:23 WIB

Diler Mitsubishi Motors Bosowa Berlian Motor Morowali merupakan diler dengan fasilitas layanan 2S (service & sparepart), dan pembukaan diler ini dikhususkan untuk merespon meningkatnya permintaan dan kebutuhan akan layanan purna jual di area tersebut.

Rambah Pulau Sulawesi MMKSI Resmikan Dilernya Yang ke-176 Di Morowali

Berita Lainnya

vidstr