sunbanner

Bendungan Unik di Sumatera Utara Ini Berbentuk Busur Setinggi 82 Km, Kini Jadi Inspirasi Uang Rp 100 Ribuan, Bisa Tebak Lokasinya?

Bendungan Unik di Sumatera Utara Ini Berbentuk Busur Setinggi 82 Km, Kini Jadi Inspirasi Uang Rp 100 Ribuan, Bisa Tebak Lokasinya?

bendungan-russmac/pixabay-

Bendungan yang menjadi pusat perhatian ini dikenal dengan sebutan Bendungan Tangga, terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Keunikan dari bendungan ini telah menjadikannya terkenal di Provinsi Sumatera Utara dan menjadi ciri khas yang diakui oleh penduduk setempat.



Bendungan Tangga memiliki bentuk busur yang tingginya mencapai sekitar 82 meter, menjadikannya sebagai tipe pertama di Indonesia.

Baca juga: Selomerto Buktikan Diri Ingin Lepas dari Wonosobo! dengan Mengajak Leksono dan 3 Wilayah Lain, Imbas dari Juara Wilayah Terluas Sejauh 32,38 Kilometer

Baca juga: Wonosalam Kalah Jauh! Inilah 2 Daerah Penghasil Durian Terbesar di NTB dengan Juaranya yang Mampu Menghasilkan 142.926 Kuintal





×

Fungsinya utamanya adalah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas mencapai 223 MW.

Untuk mendukung fungsinya, bendungan ini dilengkapi dengan empat unit generator di stasiun pembangkit tenaga.

Pembangunan Bendungan Tangga menjadi karya dari Inalum atau PT. Indonesia Asahan Aluminium. Daerah ini sebelumnya merupakan alam asli dan persawahan yang minim aktivitas.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr