sunbanner

Telan Dana 422 Miliar, Bendungan di Jawa Timur Ini Dibangun Dengan Kemampuan Tampung Air hingga Puluhan m3

Telan Dana 422 Miliar, Bendungan di Jawa Timur Ini Dibangun Dengan Kemampuan Tampung Air hingga Puluhan m3

Pekanbaru Iri, Kota Kecil Ini Bangga Punya Bendungan Terbesar di Indonesia! Simak Rahasianya di Balik 101 m3 Kubik Air!-UNPLASH-

Seiring berjalannya waktu, bendungan yang awalnya dibangun untuk menampung air dan sebagai pembangkit listrik tenaga air ini juga telah dijadikan sebagai objek wisata.

Keindahan pemandangan yang dimiliki oleh bendungan ini dikatakan mirip dengan Raja Ampat dan bahkan disebut-sebut sebagai saingan dari destinasi wisata populer tersebut.



Hal ini dikarenakan di area bendungan terdapat gundukan-gundukan yang menyerupai pulau-pulau kecil yang terdapat di Raja Ampat.

Baca juga: WADUH! Toyota Agya Tabrak Lobi Hotel di Batam, Ternyata Ini Masalahnya

Keberadaan bendungan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona alam yang spektakuler.





×

Dalam hal ini, apakah warga Jawa Timur sudah dapat menebak bendungan mana yang dimaksudkan?

Waduk Bajulmati, sebuah bendungan unik yang menjadi kebanggaan warga Jawa Timur, terletak di wilayah Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga: Kecamatan Tersempit di Grobongan Jawa Tengah Luasnya Cuma 30 Km, Waduh! Rumah Warganya Berdesakan Gak Tuh?

Baca juga: Karangsambung Menangis! Harus Jadi Nomor Bontot dari Daerah Terluas di Kabupaten Kebumen dengan Juaranya yang Punya Luas 109,29 km²

Bendungan Bajulmati ini terletak di antara Gunung Baluran dan Gunung Ijen, yang juga mencakup wilayah Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, serta Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Dalam pembangunannya, diketahui bahwa biaya konstruksi untuk bendungan ini mencapai angka fantastis sebesar Rp 422 miliar.

Bendungan ini menjadi salah satu sumber kebanggaan bagi masyarakat Jawa Timur karena selain menawarkan keindahan alam berupa pulau-pulau kecil yang terhampar di area waduk, juga menyajikan banyak spot foto menarik.

Simak pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr