sunbanner

Dua Calon Kota Baru Dekat Bandung Ini Bikin Heboh Jawa Barat! Ciamis dan Tasikmalaya Bisa Kegeser, Loh Seriusan?

Dua Calon Kota Baru Dekat Bandung Ini Bikin Heboh Jawa Barat! Ciamis dan Tasikmalaya Bisa Kegeser, Loh Seriusan?

daerah-chris-de/unplash-

Kota baru di Jawa Barat 

Provinsi yang dipimpin oleh Ridwan Kamil ini saat ini memiliki populasi sekitar 49,94 juta jiwa yang tersebar di wilayah seluas 35.378 km2.

Pertumbuhan penduduk yang cepat mendorong provinsi ini untuk melakukan pemekaran wilayah guna mempercepat pembangunan dan layanan bagi warga.



Baca juga: Tangerang Berpotensial Berpisah dari Banten Usai Wacana Pemekaran Makin Serius! Gak Main-main, Kabupaten Ini Pilih Bergabung

Baca juga: Kecamatan Brati dan Tegowanu Berhasil Jadi Daerah Tersempit di Grobongan Jateng yang Wilayahnya Gak Sampai 70 Km, Wilayah Kamu Termasuk?

Berdasarkan berbagai sumber, terdapat dua calon kota baru hasil dari pemekaran di sekitar wilayah ibukota Jawa Barat:





×

1. Kota Lembang
Lembang, yang sebelumnya merupakan kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, kini menjadi sorotan sebagai calon kota baru. Dengan populasi sekitar 199.759 jiwa menurut sensus penduduk terkini, Lembang dikenal sebagai pusat wisata di Kabupaten Bandung Barat. Potensi pariwisatanya yang besar mendorong usulan untuk menjadikannya kota mandiri.

Usulan ini telah tercatat secara resmi di Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai bagian dari rencana untuk memiliki 40 kabupaten dan kota. Pertumbuhan penduduk yang hampir mencapai 50 juta jiwa menjadi salah satu alasan utama di balik pemekaran wilayah ini.

Baca juga: Puncak Prestasi Luas Wilayah di Kabupaten Kebumen, 4 Wilayah Ini Tak Lagi Singgah Takut Wilayahnya Makin Masuk Daerah Lain Akibat...

Baca juga: Puncak Prestasi Luas Wilayah di Kabupaten Kebumen, 4 Wilayah Ini Tak Lagi Singgah Takut Wilayahnya Makin Masuk Daerah Lain Akibat...

2. Kabupaten Bandung Timur
Tak hanya Bandung Barat yang mengalami pemekaran, Kabupaten Bandung juga menjadi fokus rencana pembentukan kota baru, yakni Bandung Timur. Kabupaten ini akan mencakup 15 kecamatan seperti Cilengkrang, Cimenyan, Cileunyi, hingga Bojongsoang, dengan ibukota berlokasi di Rancaekek.

Wacana pembentukan Bandung Timur sebenarnya sudah ada sejak awal 2000-an dan pernah dilakukan kajian pada 2004.

Namun, hasil kajian saat itu menyatakan Bandung Timur tidak layak untuk dijadikan kota baru sehingga tetap berada di bawah Kabupaten Bandung.

Meski demikian, wacana ini kini kembali mencuat namun belum memasuki tahap pembahasan resmi.

Proses pemekaran sendiri memerlukan persetujuan dan proses panjang dari pemerintah pusat. Usulan ini menandakan langkah maju Jawa Barat dalam mengelola pertumbuhan wilayahnya.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr