sunbanner

Terletak Ratusan Kilometer dari Pusat Kabupaten Kupang, Bendungan Kokoh Beri Manfaat dan Dampak Positif untuk Masyarakat, Tujuan Utamanya Ternyata Ini?

Terletak Ratusan Kilometer dari Pusat Kabupaten Kupang, Bendungan Kokoh Beri Manfaat dan Dampak Positif untuk Masyarakat, Tujuan Utamanya Ternyata Ini?

bendungan-dmgreen44/pixabay-

Pasokan Air untuk Kota Kupang dan Kabupaten Kupang

Dengan kapasitas pasokan air sebesar 700 liter/detik, Bendungan Manikin menjadi sumber air utama untuk kebutuhan air bersih di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.



Ini tidak hanya meningkatkan ketersediaan air, tetapi juga memastikan distribusi air yang stabil dan merata di seluruh wilayah.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH)

Keberlanjutan energi menjadi fokus penting pembangunan Bendungan Manikin. Dengan PLTMH sebesar 0,13 MW, proyek ini bukan hanya sebuah sumber air, tetapi juga menjadi penyedia energi terbarukan bagi wilayah sekitarnya.





×

Baca juga: Tambang Batu Bara Terbesar di Kalsel Ini Disulap Jadi Bangunan Ini Usai Buat Kerugian Negara hingga Rp 1,5 Milliar, Sayang Banget! Padahal...

Baca juga: Sulawesi Selatan Pailit! Bandara yang Belum Selesai Mala Punya Hutang Padahal Pembangunannya Sudah Habiskan Dana 3 Triliun Bakal Rampung di Tahun 2024

Baca juga: Dua Calon Kota Baru Dekat Bandung Ini Bikin Heboh Jawa Barat! Ciamis dan Tasikmalaya Bisa Kegeser, Loh Seriusan?

Pengendali Banjir

Bendungan Manikin bukan hanya berfungsi sebagai penyedia air, tetapi juga sebagai solusi untuk mengendalikan banjir dengan kapasitas hingga 331m3/detik.

Langkah proaktif ini memberikan perlindungan tambahan bagi masyarakat di sekitarnya dari risiko banjir yang mungkin terjadi.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Bendungan Manikin di NTT diharapkan akan menjadi perwujudan keberhasilan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan berdaya guna.

Rencananya, bendungan ini akan diresmikan pada bulan November 2024, memberikan harapan baru dan peluang bagi kemajuan wilayah serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr