sunbanner

Bendungan Raksasa Sebesar 1,258 Ha di Sulawesi Selatan Ini Terpaksa Gagal Dibangun! Kasus Korupsi Jadi Penyebabnya Utama

Bendungan Raksasa Sebesar 1,258 Ha di Sulawesi Selatan Ini Terpaksa Gagal Dibangun! Kasus Korupsi Jadi Penyebabnya Utama

Rahasia Bendungan Terbesar di Kalimantan Timur: Mulai Beroperasi April 2024, Namun Lokasinya Tak Di Balikpapan, Benarkah?-chuan-jm/unplash-

Bendungan Raksasa Sebesar 1,258 Ha di Sulawesi Selatan Ini Terpaksa Gagal Dibangun! Kasus Korupsi Jadi Penyebabnya Utama. 

Tahun 2021 menyaksikan kunjungan Presiden Jokowi ke Sulawesi Selatan untuk meresmikan Bendungan Paselloreng, sebuah proyek monumental yang dimulai pada tahun 2015 dan rampung pada tahun 2021.



Bendungan ini bukan hanya infrastruktur biasa, melainkan lumbung pangan nasional yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap ketahanan pangan Indonesia.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa biaya pembangunan Bendungan Paselloreng berhasil ditekan menjadi Rp 771 miliar, sebuah prestasi yang patut diapresiasi.

Daya tampung bendungan ini mencapai 138 juta meter kubik, meliputi area seluas 1.258 hektar.





×

Keberadaan Bendungan Paselloreng di kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tidak hanya memiliki fungsi utama sebagai penopang pertanian.

Namun, juga mereduksi risiko banjir, menyediakan air baku untuk enam kecamatan di Wajo, dan membantu meningkatkan frekuensi tanam petani setempat.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewatkan! Pesona Kotawaringin Timur dan Keajaiban Tersembunyi di Jantung Kalimantan, Temukan Lebih Banyak di Profil Ini!

Baca juga: Bandara Megah di Banyuwangi Harus Terhenti Sebab Kerugian Korupsi hingga Tembus Rp 40,99 Milliar, Waduh! Warga Jatim Tau Gak Rek? 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr