sunbanner

Luas 153 KM Persegi! Kalimantan Tengah Bertransformasi Melalui Pemekaran, Terbitkan 2 Provinsi Baru dan Rancang Barito Raya serta Kotawaringin!

Luas 153 KM Persegi! Kalimantan Tengah Bertransformasi Melalui Pemekaran, Terbitkan 2 Provinsi Baru dan Rancang Barito Raya serta Kotawaringin!

daerah-ketan/pexels-

Dengan demikian, masyarakat di wilayah tersebut dapat lebih merasakan dampak positif dari sentralisasi pemerintahan yang lebih dekat dengan kebutuhan lokal.

2. Provinsi Barito Raya

Usulan pembentukan Provinsi Barito Raya tidak kalah menarik, melibatkan lima kabupaten dengan kontribusi empat kabupaten dari Provinsi Kalimantan Tengah (Barito Utara, Murung Raya, Barito Selatan, dan Barito Timur) dan satu dari Provinsi Kalimantan Selatan (Barito Kuala).



Baca juga: Kesibukan Penduduk Sedang Apa? Catat Kecamatan Paling Penuh Penduduknya di Deli Serdang, Tanjung Morawa Saling Bersaing Menarik Perhatian?

Baca juga: Jangan Sampai Terlewatkan! Pesona Kotawaringin Timur dan Keajaiban Tersembunyi di Jantung Kalimantan, Temukan Lebih Banyak di Profil Ini!

Langkah kolaboratif ini diharapkan dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.





×

Ibukota Provinsi Barito Raya direncanakan berada di kawasan Muara Taweh, Kabupaten Barito Utara. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada pertimbangan strategis untuk memberikan dampak maksimal terhadap pengembangan ekonomi dan infrastruktur di wilayah tersebut.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr