sunbanner

2 Kecamatan Terendam Imbas Pembentukan Bendungan di NTB yang Gunakan Lahan 312,09 Hektar, Gimana Warganya? dan Mengalir Ke Mana?

2 Kecamatan Terendam Imbas Pembentukan Bendungan di NTB yang Gunakan Lahan 312,09 Hektar, Gimana Warganya? dan Mengalir Ke Mana?

Kota Batam Bikin Iri Pekan Baru Usai Miliki Bendungan Raksasa yang Mampu Simpan Air Sampai 101m3 Kubik, Hayoloh Warga Jawa Gak Ikut Pengen Juga?-UNPLASH-

Dengan kapasitas tampung mencapai 55,90 juta meter kubik dan luas genangan mencapai 312,09 hektar, bendungan ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air baku hingga 68 liter per detik, terutama untuk mendukung irigasi seluas 1.900 hektar.

Bendungan ini berada di dua kecamatan, yaitu Taliwang dan Brang Ene, yang kini akan menjadi wilayah yang tergenang oleh air dari bendungan baru ini.



Selain itu, proyek ini juga memiliki potensi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM) sebesar 0,81 MW.

Baca juga: Genangi 2 Daerah di NTB, Bendungan Besar Nusa Tenggara Barat Berdiri Kokoh di 312,09 Hektar, Telan Duit Rp1,277 T!

Baca juga: Terkenal Punya Bandara! Inilah Daerah Penghasil Pisang Terbesar di Sumatera Utara, Stok Pasti Aman! Ada Lagi di Sumut?





×

Baca juga: Rindu Kampung Halaman? Rekomendasi 3 Tempat Makan di Jakarta yang Menyajikan Suasana Khas Kampung, Nagihnya Gak Ketulungan!

Salah satu hal yang menarik adalah bahwa bendungan ini memiliki peran penting dalam mengurangi risiko banjir di wilayah sekitarnya.

Khususnya di Kecamatan Taliwang, yang selama ini menjadi daerah rawan banjir, dengan adanya bendungan ini dapat mengurangi jumlah banjir hingga 290 meter kubik per detik.

Tidak diragukan lagi, pembangunan Bendungan Tiu Suntuk adalah proyek dengan skala besar yang memerlukan investasi signifikan.

Total biaya yang diperlukan mencapai Rp1,277 triliun. Proyek ini telah dimulai sejak tahun 2020 dan diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan sektor pertanian di wilayah Nusa Tenggara Barat.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr