sunbanner

Sangat Purba! Bendungan Tertua di Dunia Ada di Sini! Sudah Ada Sejak Abad 18, 3.700 Tahun Lalu Sebelum Masehi?

Sangat Purba! Bendungan Tertua di Dunia Ada di Sini! Sudah Ada Sejak Abad 18, 3.700 Tahun Lalu Sebelum Masehi?

Ini Dia Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara yang Ada di Jawa Timur, Telan Duit Pemerintah Rp2,5 Triliun!-UNPLASH-

Bendungan yang Mampu Menampung Ratusan Ribu Kubik Air

Walaupun pada akhirnya mengalami kehancuran sebelum mencapai penyelesaian konstruksi, bendungan yang terletak di Wadi Garawi, sebuah wilayah gurun yang terletak di sebelah timur Sungai Nil, diupayakan untuk menyimpan debit air dalam volume yang cukup besar.

Keunikan ini disebabkan oleh keputusan untuk membangun bendungan ini di sisi terkemudian dari lembah Garawi yang memiliki lebar sekitar seratus meter.



Dimensi bendungan ini pada awalnya mencakup panjang 113 meter dan lebar 14 meter, dengan bagian dasar selebar 98 meter dan puncak selebar 56 meter.

Inti dari struktur bendungan ini memiliki lebar 32 meter dan terdiri dari 60.000 ton campuran tanah dan batuan.

Pada tahap puncak pembangunan, perkiraan kapasitas tampungnya adalah antara 465.000 hingga 625.000 meter kubik air.





×

Saat ini, yang tersisa hanyalah ujung-ujung dari struktur bendungan di kedua sisi lembah, sedangkan bagian tengahnya telah tersapu oleh arus air, meninggalkan celah selebar sekitar 50 hingga 60 meter.

Keputusan untuk memilih jurang yang sempit di Wadi Garawi memunculkan pertanyaan tentang tujuan sebenarnya pembangunan bendungan ini.

Muncul dugaan bahwa tujuan utamanya bukanlah untuk proyek irigasi, melainkan untuk mengatasi banjir bandang mendadak yang sering melanda lembah-lembah terbatas.

Pendapat ini semakin diperkuat oleh absennya lahan pertanian di sekitar bendungan yang dapat memanfaatkan suplai air untuk pertanian.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr