sunbanner

Bukan Serang! Kota Ini Justru Mantap Lepas dari Banten Usai Terpilih Jadi Provinsi Baru, 5 Kota Ini Pilih Bergabung

Bukan Serang! Kota Ini Justru Mantap Lepas dari Banten Usai Terpilih Jadi Provinsi Baru, 5 Kota Ini Pilih Bergabung

daerah-nathan-dumla/unplash-

Pemekaran Banten 

Dari total 8 wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Banten, terdapat satu daerah yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi, yaitu sekitar 12.321.660 jiwa, dengan luas wilayah sekitar 9.662,92 km2.

Kota Tangerang termasuk salah satu daerah yang diusulkan untuk pindah dan menjadi bagian dari provinsi baru tersebut.



Namun, pertanyaan yang muncul adalah wilayah mana yang akan ditetapkan sebagai ibu kota provinsi baru tersebut.

Baca juga: Obat Rindu Kampung! 3 Spot Tempat Makan Tawarkan Kelezatan Masakan Kampung dengan Keseruan Tak Tertandingi di Jakarta, Intip Daftar Harganya di Sini!

Baca juga: Terkenal Punya Bandara! Inilah Daerah Penghasil Pisang Terbesar di Sumatera Utara, Stok Pasti Aman! Ada Lagi di Sumut?





×

Menurut informasi yang diunggah dalam Kanal YouTube Mahasiswa Geografi, provinsi baru yang direncanakan melalui pemekaran dari Provinsi Banten disebut sebagai Provinsi Tangerang Raya.

Provinsi Tangerang Raya ini akan mencakup 5 kabupaten yang sebelumnya berada di wilayah Provinsi Banten.

Provinsi Tangerang Raya yang direncanakan akan terbentuk akan diisi oleh lima kabupaten yang sebelumnya termasuk dalam wilayah Provinsi Banten, yaitu:

  1. Kabupaten Tangerang, merupakan salah satu kabupaten yang akan menjadi bagian dari Provinsi Tangerang Raya.
  2. Kota Tangerang, kota yang juga akan berpindah ke provinsi baru tersebut.
  3. Kota Tangerang Selatan, sebuah kota yang saat ini berada di wilayah Provinsi Banten dan akan menjadi salah satu komponen penting dalam Provinsi Tangerang Raya.
  4. Kabupaten Tangerang Utara, kabupaten lain yang juga diusulkan untuk menjadi bagian dari provinsi baru tersebut.
  5. Kota Tangerang Tengah, wilayah ini juga termasuk dalam lima kabupaten yang direncanakan akan masuk ke dalam Provinsi Tangerang Raya.

Terlepas dari kabar baik yang telah muncul mengenai kemungkinan adanya pembentukan kota baru di wilayah Banten, terdapat beberapa kendala yang masih dihadapi oleh pemerintah pusat dalam merealisasikan pembentukan Provinsi Tangerang Raya ini.

Selain itu, rencananya ibu kota dari Provinsi Tangerang Raya akan berada di Kota Tangerang, yang akan menjadi pusat pemerintahan dan administrasi provinsi baru tersebut.***

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr