sunbanner

Sempat Terlilit Hutang? Bendungan Besar di Sulawesi Selatan Gelontorkan Rp809,1 M dengan Luas Genangan 1.258 Hektar, Baru Resmi 2021

Sempat Terlilit Hutang? Bendungan Besar di Sulawesi Selatan Gelontorkan Rp809,1 M dengan Luas Genangan 1.258 Hektar, Baru Resmi 2021

Penyelamat Sawah 588 Hektare di Bali, Ada Bendungan Mega dengan Anggaran Fantastis Rp820,8 Miliar di Pulau Dewata-glauber-sampaio/unplash-

Adanya keberatan dari masyarakat Sulawesi Selatan terkait pembebasan lahan ini menyebabkan adanya penundaan dalam penggunaan bendungan terbesar tersebut.

Oleh karena itu, masyarakat setempat menyuarakan aspirasinya kepada gubernur setempat agar proses pembebasan lahan dapat segera diselesaikan.



Harapannya, dengan rampungnya proses pembebasan lahan, bendungan terbesar di Sulawesi Selatan ini dapat segera beroperasi sesuai dengan tujuan utamanya.

Dilansir dari situs resmi pu.go.id, Bendungan Paselloreng memegang predikat sebagai salah satu bendungan terbesar yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kapasitas tampung Bendungan Paselloreng mencapai angka monumental sekitar 138 juta meter kubik, menjadikannya sebagai penyedia sumber air utama bagi enam kecamatan yang tersebar di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.





×

Fungsi utama dari bendungan ini meliputi pengendalian banjir dengan kemampuan menampung debit air hingga 489 meter kubik per detik, pelestarian air, fasilitas perikanan air tawar, dan potensi menjadi objek wisata yang menarik berkat keindahan lanskapnya.

Baca juga: Bukan Serang! Kota Ini Justru Mantap Lepas dari Banten Usai Terpilih Jadi Provinsi Baru, 5 Kota Ini Pilih Bergabung

Baca juga: Sangat Purba! Bendungan Tertua di Dunia Ada di Sini! Sudah Ada Sejak Abad 18, 3.700 Tahun Lalu Sebelum Masehi?

Proyek pembangunan Bendungan Paselloreng dikerjakan oleh kontraktor PT. Wijaya Karya – PT. Bumi Karsa melalui Kerjasama Operasi (KSO), dengan nilai kontrak konstruksinya mencapai angka sekitar Rp771,6 miliar.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr