sunbanner

Ungkap Isu Pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Menjadi Provinsi Barito Raya, Pencapaian Luar Biasa!

Ungkap Isu Pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Menjadi Provinsi Barito Raya, Pencapaian Luar Biasa!

Gempita Maluku! Kabupaten Luas 4.430 Km2 Ganti Nama Setelah Disetujui Presiden: Terungkap Alasan di Balik Keputusan Mengejutkan!-PEXEL-

Ungkap Isu Pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Menjadi Provinsi Barito Raya, Pencapaian Luar Biasa!

Kabar tentang pemekaran wilayah selalu mengundang perhatian, terutama ketika wacana mengenai penggabungan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menjadi satu provinsi baru muncul.



Apakah benar, dan apa dampak pemekaran ini akan membawa serta berdirinya lima kabupaten baru? Kalimantan Tengah, dengan luas wilayah mencapai 153.443,9 kilometer persegi, kini menjadi pusat perbincangan.

Baca juga: Sinopsis Serial Gadis Kretek Adaptasi Novel Karya Ratih Kumala - Tragedi Kisah Cinta Raja dan Jeng Yah!

Baca juga: Apa Arti Heart Eyes Viral di TikTok? Benarkah ada Hubunga dengan Pratama Arhan dan Azizah Salsha? Intip Artinya yang Menghebohkan Instagram





×

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia 2023: Percepat Satu Hari Sebab Kendala Cuaca, Sprint Race Kapan? Simak Informasi Selengkapnya

Usulan pemekaran ini bukanlah sesuatu yang baru, sudah diajukan beberapa tahun lalu. Wacana pemekaran tersebut telah berkecamuk dalam masyarakat, terutama di daerah Kotawaringin dan Barito Raya.

Pasalnya, wilayah Kalimantan Tengah yang begitu luas melebihi satu setengah kali Pulau Jawa. Salah satu kabupaten dari Kalimantan Selatan akan turut serta dalam gabungan tersebut.

Harapan akan pemekaran ini adalah memungkinkan pemerintahan dan pembangunan di Kalimantan Tengah berjalan lebih efisien dan optimal di masa depan. Namun, perlu diingat bahwa rencana ini masih dalam tahap wacana dan memerlukan pembahasan lebih lanjut.

Namun, pembicaraan bukan hanya sebatas di situ. Provinsi baru yang akan lahir dari pemekaran Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) dijuluki sebagai Provinsi Barito Raya.

Setidaknya, ada lima kabupaten yang diusulkan menjadi bagian dari Provinsi Barito Raya, yaitu empat kabupaten dari Kalimantan Tengah dan satu dari Kalimantan Selatan.

Kabupaten-kabupaten yang direncanakan untuk bergabung dalam Provinsi Barito Raya adalah Kabupaten Murung Raya (Kalteng), Kabupaten Barito Utara (Kalteng), Kabupaten Barito Selatan (Kalteng), Kabupaten Barito Timur (Kalteng), dan Kabupaten Barito Kuala (Kalsel).

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr