sunbanner

Tunggu Apa Lagi? Rencana Pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan: Menanti Munculnya Provinsi Barito Raya

Tunggu Apa Lagi? Rencana Pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan: Menanti Munculnya Provinsi Barito Raya

daerah-pasja1000/pixabay-

Kita masih perlu menunggu perkembangan selanjutnya untuk mengetahui apakah rencana ini akan terealisasi.

Pemekaran wilayah bukanlah keputusan yang bisa diambil begitu saja. Itu adalah ranah yang menjadi wewenang pemerintah pusat.



Saat ini, pemerintah pusat masih menerapkan moratorium terhadap pemekaran wilayah, sehingga rencana pemekaran Provinsi Barito Raya memerlukan persetujuan dan pembahasan lebih lanjut sebelum dapat terealisasi.

Provinsi baru yang direncanakan untuk dimekarkan dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah Provinsi Barito Raya.

Dalam proposal ini, terdapat setidaknya 5 kabupaten yang diusulkan untuk menjadi bagian dari Provinsi Barito Raya.





×

Baca juga: Mengenal Maskapai Baru Indonesia Surya Airways: Jadwal Terbang, Rute hingga Pemilik yang Tak Kalah Keren dari Lainnya

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia 2023: Percepat Satu Hari Sebab Kendala Cuaca, Sprint Race Kapan? Simak Informasi Selengkapnya

Empat kabupaten berasal dari Kalimantan Tengah, yaitu Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Barito Timur. Sedangkan satu kabupaten berasal dari Kalimantan Selatan, yaitu Kabupaten Barito Kuala.

Selain pemekaran wilayah, rencana ini juga mencakup pemindahan ibu kota provinsi baru ini ke Kabupaten Barito Utara. Namun, keputusan pemindahan ibu kota masih dalam tahap usulan dan perlu persetujuan lebih lanjut.

Isu pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan menjadi Provinsi Barito Raya merupakan topik yang sedang dibahas dan menjadi perhatian publik.

Kita masih harus menunggu dan melihat perkembangan selanjutnya untuk mengetahui apakah rencana ini akan menjadi kenyataan dan bagaimana dampaknya terhadap wilayah-wilayah tersebut.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr