sunbanner

SUDAH DI-ACC! Muncul 3 Desa Baru di Sumedang, Ini Infonya

SUDAH DI-ACC! Muncul 3 Desa Baru di Sumedang, Ini Infonya

Terkuak! Ibu Kota Baru di Sumatera Utara, Sisi Menarik di Balik Pemekaran Sumut dan Pembentukan Daerah Seluas 469,36 Km2 yang Jarang Diketahui--

SUDAH DI-ACC! Muncul 3 Desa Baru di Sumedang, Ini Infonya

Salah satu dari tiga desa yang dijadwalkan untuk mengalami pemekaran pada tahun 2023 telah diumumkan melalui peraturan bupati (Perbup).



Sementara itu, dua desa lainnya masih dalam proses.

Dadang Rustandi, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Sumedang, mengungkapkan bahwa desa yang telah ditetapkan melalui Perbup adalah Desa Cimanggung, yang akan dimekarkan menjadi Desa Cimanggung sebagai desa induk dan Desa Galuhpakuan.

Baca juga: Bendungan Raksasa Seluas 8,000 Ha di Jawa Tengah Ini Bisa Tenggelamkan Surakarta Jika Jebol, Waduh! Serem Juga Nih





×

Baca juga: Mengungkap Keunikan Kopi Pulau Sumatera, Catatan Menarik dari Produsen Terbanyak, Siapa Pemenangnya?

Baca juga: Bendungan Terbesar di Bojonegoro Ini Sukses Dibangun Meski Harus Berhutang Rp 351 Milliar! Bikin Kaget, Mampu Mengairi Sawah 9,000 Ha

Adapun pemekaran Desa Cinanjung menjadi Desa Cinanjung dan Desa Pananjung serta pemekaran Desa Sarimekar menjadi Desa Sarimekar dan Desa Pasir Padang masih dalam proses dan belum memiliki Perbup.

"Desa Cimanggung ini sudah diajukan ke Provinsi dan saat ini sedang dalam proses di Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, menunggu pendaftaran Desa Persiapan," terang Dadang pada Kamis (16/11/2023).

Dadang menjelaskan bahwa setelah kode register Desa Persiapan diterbitkan, Desa Persiapan akan dibentuk untuk menjalankan tugas pemerintahan desa dan menunjuk penjabat kepala desa. Namun, Desa Persiapan ini masih tergantung pada desa induknya dan belum dapat berdiri secara mandiri.

Proses pembentukan Desa Persiapan biasanya berlangsung selama satu hingga tiga tahun sebelum diajukan ke Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan kode desa.

"Desa pemekaran ini akan diberikan kode desa dan kemudian dapat mengadakan pemilihan kepala desa definitif setelah itu," tambahnya.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr