sunbanner

Sekitar 100 Meter dari Pantai Bonebula, Sumur Segara Terbesar di Sulawesi Selatan Ini Ada di Tengah Laut, Unik! Satu-satunya Air Tawar Tak Tercampur?

Sekitar 100 Meter dari Pantai Bonebula, Sumur Segara Terbesar di Sulawesi Selatan Ini Ada di Tengah Laut, Unik! Satu-satunya Air Tawar Tak Tercampur?

sumur -pascal-bernar/unplash-

Pusentasi terletak di Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, sekitar 45 km atau satu jam perjalanan dari Palu.

Sumur raksasa ini memiliki diameter mencapai sekitar 10 meter, dan airnya memiliki warna kebiruan yang sangat eksotis. Kejernihan air memungkinkan pengunjung untuk melihat dasar sumur dengan jelas.



Dikenal sebagai Pusentasi, nama ini berasal dari gabungan dua kata, yaitu "pusen" yang artinya pusat, dan "tasi" yang berarti laut.

Sehingga, Pusentasi dapat diartikan sebagai pusat laut. Nama tersebut tidak diberikan begitu saja, mengingat letak sumur raksasa ini sangat dekat dengan laut, sekitar 100 meter dari Pantai Bonebula.

Keunikan Pusentasi tidak hanya terletak pada kejernihan airnya, melainkan juga pada fenomena pasang-surut yang unik.





×

Air sumur akan surut saat air laut sedang pasang, dan sebaliknya. Hal ini menciptakan fenomena menarik, di mana air sumur berperilaku berbanding terbalik dengan air laut, memberikan kesan sebagai pusat laut.

Baca juga: Provinsi Toba Raya vs Tapanuli Unggul Mana? Isu Pemekaran Sumatera Utara Paling Geger Buat Dua Wilayah Ini Rebutan Daerah

Baca juga: Pelabuhan Internasional Terbesar Buatan China di Madura Ini Mesti Mangkrak Usai Telan Dana Rp 75 Milliar, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr