sunbanner

Banyuwangi Dirombak! Bakal Ada Pemekaran 6 Desa, Mana Saja?

Banyuwangi Dirombak! Bakal Ada Pemekaran 6 Desa, Mana Saja?

Argowisata Banyuwangi--

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan tindak lanjut terhadap usulan pemekaran dari masyarakat terkait enam desa di Bumi Blambangan.

Ahmad Faishol, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menjelaskan bahwa desa-desa yang mengusulkan pemekaran sedang dalam tahap penegasan peta batas, menunggu persetujuan dari Badan Informasi Geospasial.



"Peta batas masih dalam proses penegasan dan akan dilakukan pemekaran setelah mendapatkan persetujuan dari Badan Informasi Geospasial," kata Faishol, Kadis DPMD Kabupaten Banyuwangi, pada Selasa, 14 November 2023.

Banyuwangi saat ini memiliki 189 desa dan 28 kelurahan yang tersebar di 25 kecamatan. Enam desa yang diajukan untuk pemekaran adalah Desa Wonosobo di Kecamatan Srono, Desa Pesanggaran di Kecamatan Pesanggaran, Desa Macanputih di Kecamatan Kabat, Desa Temurejo di Kecamatan Bangorejo, Desa Grajagan di Kecamatan Purwoharjo, dan Desa Barurejo di Kecamatan Siliragung.

Faishol menjelaskan bahwa pemekaran desa merupakan langkah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan pemekaran wilayah.





×

"Persyaratan administrasi sudah lengkap, tinggal menunggu persetujuan dari Badan Informasi Geospasial, setelah itu tinggal menunggu jadwal dari pemerintah Provinsi," jelasnya.

Proses pengajuan pemekaran desa ini telah dimulai sejak lama atas usulan masyarakat, dan waktu yang diperlukan untuk merealisasikan pemekaran desa mencapai 2-3 tahun. Desa yang baru dibentuk memerlukan persiapan khusus sebelum dapat berdiri secara mandiri.

"Tahapan pemekaran terhadap desa yang diajukan akan dilakukan setelah pengesahan Peraturan Bupati, dan saat ini masih menunggu tahapan tersebut," tegas Faishol.

Saat ini, tim dari DPMD Kabupaten sedang fokus melakukan pengecekan di lapangan terkait penegasan peta batas.

"Kita masih fokus pada penegasan peta batas saat ini," tambahnya.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr