sunbanner

Pemisahan Wilayah Pemekaran Cirebon Timur Ngak Kelar-Kelar, Ternyata Ini Kendalanya

Pemisahan Wilayah Pemekaran Cirebon Timur Ngak Kelar-Kelar, Ternyata Ini Kendalanya

Cirebon--

Pemisahan Wilayah Pemekaran Cirebon Timur Ngak Kelar-Kelar, Ternyata Ini Kendalanya

Proses pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Cirebon Timur menghadapi potensi kegagalan karena belum memenuhi sejumlah syarat, khususnya terkait luas wilayah.



Meskipun telah dikeluarkan rekomendasi pembentukan oleh eksekutif dan legislatif, namun Kabag Pemerintahan Pemkab Cirebon, Yadi Wikarsa, menegaskan bahwa keputusan sepenuhnya bergantung pada hasil kajian agar segala aspek berjalan dengan adil.

Baca juga: Banyuwangi Dirombak! Bakal Ada Pemekaran 6 Desa, Mana Saja?

Baca juga: Sumur Raksasa di Sulawesi Tengah Ini Diameternya Bisa Capai 10 Meter! Wisatawan Percaya Bahwa Ini Pusat Laut?





×

Baca juga: Jika Gibran Menang, Tapanuli Bakal Pecah! Info Baru Pemekaran di Sumatera

Ia mendorong pihak ketiga, melalui tim kajian pemekaran Cirebon Timur, untuk segera menyampaikan hasilnya.

"Kami hanya memfasilitasi pelaksanaan kajian. Hasil kajian belum disampaikan kepada kami.

Ada ekspos dihadapan eksekutif dan legislatif untuk langkah berikutnya setelahnya," ujar Yadi pada Selasa, 21 November 2023.

Yadi menjelaskan bahwa setelah hasil ekspos diterima, langkah selanjutnya adalah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kabupaten Cirebon melalui rapat paripurna. Baru setelah persetujuan dari DPRD, usulan tersebut akan diajukan ke Gubernur Jawa Barat.

Mengenai kemungkinan pemekaran dan luas wilayah Kabupaten Cirebon menjadi DOB, Yadi menegaskan bahwa bukan kewenangannya untuk menjawab hal tersebut. Jawabannya akan bergantung pada hasil kajian yang akan diperoleh.

"Hasil kajian yang akan memberikan jawaban. Kita punya waktu hingga November dan Desember. Jika kajian selesai pada November, akan diumumkan pada Desember," ungkapnya.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr