sunbanner

Kabar Simpang Siur Terkait Wacana Pemekaran Provinsi Kalimantan Barat, Bawakan 2 Kadidat Sebagai Provinsi Baru, Mungkin Daerah Anda Termasuk?

Kabar Simpang Siur Terkait Wacana Pemekaran Provinsi Kalimantan Barat, Bawakan 2 Kadidat Sebagai Provinsi Baru, Mungkin Daerah Anda Termasuk?

daerah-alohamalakhov/pixabay-

Provinsi Tanjungpura

Pemekaran Provinsi Tanjungpura diusulkan dengan melibatkan wilayah Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang.



Meskipun demikian, dua kabupaten tersebut belum memenuhi syarat sebagai sebuah provinsi yang mandiri, yaitu minimal memiliki lima kabupaten atau kota.

Oleh karena itu, diputuskan untuk memecah Kabupaten Ketapang menjadi tiga bagian, masing-masing menjadi Kabupaten Tumbang Titi, Hulu Aik, dan Jelai Kendawangan Raya.

Dengan langkah ini, Provinsi Tanjungpura dapat terbentuk dengan melibatkan total lima kabupaten.





×

Baca juga: Oke FIX Gabung! Kalbar Bakal Terjadi Pemekaran Wilayah Jika Sudah ACC Bukan Wacana Lagi, Ini Daftar 5 Kabupaten Siap Berpartisipasi Bentuk Provinsi Perdana!

Baca juga: Banyuwangi Dirombak! Bakal Ada Pemekaran 6 Desa, Mana Saja?

Pemekaran ini diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan infrastruktur di masing-masing wilayah baru.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun rencananya sudah ada, masih banyak tahapan yang harus dilalui sebelum pemekaran ini dapat terealisasikan sepenuhnya.

Kita tunggu perkembangan lebih lanjut terkait dengan langkah-langkah konkrit dan tanggapan masyarakat terhadap rencana ini.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr