sunbanner

Juaranya Bisa Tembus Rp 4.043.475 , Bocoran UMK Ibu Kota IKN Berapa? Cek Daftar UMP Kota/Kabupaten di Kaltim

Juaranya Bisa Tembus Rp 4.043.475 , Bocoran UMK Ibu Kota IKN Berapa? Cek Daftar UMP Kota/Kabupaten di Kaltim

uang-eyestetix-studi/unplash-

Kabupaten tempat berdirinya IKN ini menarik perhatian karena akan menjadi pusat pemerintahan Indonesia dalam waktu dekat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa peringkat UMK tidak selalu sejalan dengan peran strategis suatu daerah dalam konteks nasional.



Pentingnya informasi ini terkait dengan pengumuman besaran kenaikan UMK 2024 yang dijadwalkan akan dirilis paling lambat pada tanggal 30 November 2023.

Sebelumnya, pada tanggal 21 November 2023, akan diumumkan terlebih dahulu Upah Minimum Provinsi (UMP).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah menegaskan melalui akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan bahwa upah minimum tahun 2024 akan mengalami kenaikan.





×

Baca juga: Provinsi Baru Pemekaran Aceh Ini Miliki Singkatan yang Unik! Luasnya Bisa Capai 17,804 Km, NAD Terpaksa Geser Demi Wilayah Baru?

Meskipun demikian, informasi mengenai seberapa besar kenaikan UMP/UMK 2024 tidak diungkapkan oleh Ida Fauziyah.

Sebagai gambaran, UMP Kalimantan Timur pada tahun 2023 sebesar Rp3.201.396, dan jika mengikuti batas maksimal kenaikan upah minimum sebesar 10 persen, maka UMP Kalimantan Timur 2024 diperkirakan akan mencapai Rp3.521.535.

Angka 10 persen ini merujuk pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2022 yang mengatur batas maksimal kenaikan upah minimum.

Informasi ini sangat dinantikan oleh masyarakat untuk mengetahui dampaknya terhadap kondisi ekonomi dan ketahanan hidup di Kalimantan Timur. 

Baca juga: Pelabuhan Internasional Terbesar Buatan China di Madura Ini Mesti Mangkrak Usai Telan Dana Rp 75 Milliar, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Baca juga: Sekilas Info! Pemkot Kediri Manjakan Warga dengan Pembukaan Bandara Dhoho, Namun Jalan Menuju Kesana Ternyata Punya Cerita Unik!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr