sunbanner

Siap Pindah KK? Kalimantan Barat Berpotensi Membentuk Dua Provinsi Baru, Kapuas Raya dan Tanjungpura Jadi Calon Provinsi Baru, Sudah ACC?

Siap Pindah KK? Kalimantan Barat Berpotensi Membentuk Dua Provinsi Baru, Kapuas Raya dan Tanjungpura Jadi Calon Provinsi Baru, Sudah ACC?

daerah-riddick_soad/pixabay-

Sebuah keputusan strategis yang tentu saja memicu pertanyaan lebih lanjut mengenai bagaimana perubahan ini akan memengaruhi perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya di wilayah tersebut.

Provinsi Tanjungpura



Tak kalah menarik, Provinsi Tanjungpura juga menjadi sorotan dalam wacana pemekaran Kalimantan Barat. Usulan pemekaran ini melibatkan wilayah Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang.

Baca juga: Restaurant Ikan Terbesar di Sumatera Utara Ini Harus Terbengkalai! Kini Nasibnya Mangkrak atau Renovasi? Cek Penjelasannya Disini

Baca juga: Sumur Raksasa di Sulawesi Tengah Ini Diameternya Bisa Capai 10 Meter! Wisatawan Percaya Bahwa Ini Pusat Laut?





×

Namun, terdapat kendala yang perlu diatasi, karena syarat minimal untuk menjadi sebuah Provinsi adalah memiliki lima kabupaten atau kota.

Untuk memenuhi syarat tersebut, Kabupaten Ketapang diputuskan untuk dipecah menjadi tiga bagian, yakni Kabupaten Tumbang Titi, Hulu Aik, dan Jelai Kendawangan Raya.

Dengan langkah ini, Provinsi Tanjungpura dapat terbentuk dengan menggabungkan lima kabupaten tersebut.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr