sunbanner

3 Provinsi Baru Diusulkan di Kalimantan Barat, Apa Saja? Cek Infonya Mulai Nama Hingga Wilayah yang Terdampak

3 Provinsi Baru Diusulkan di Kalimantan Barat, Apa Saja? Cek Infonya Mulai Nama Hingga Wilayah yang Terdampak

Kalimantan Barat -map data/google-

OTOMOTIF1.com - 3 Provinsi Baru Diusulkan di Kalimantan Barat, Apa Saja? Cek Infonya Mulai Nama Hingga Wilayah yang Terdampak

Provinsi Kalimantan Barat, atau disingkat Kalbar, merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan.



Secara menyeluruh, Pulau Kalimantan memiliki beberapa provinsi, termasuk Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Baca juga: Menjelajahi Keindahan Tersembunyi Riau: Air Terjun Batu Tilam Butuh Waktu Perjalanan Sekitar 4 Jam dari Bandara Sultan

Baca juga: Makin Menarik! New Honda PCX 160 Hadir dengan Warna Baru: Silver dan Coklat, Harga Tetep





×

Baca juga: Hadirkan Beragam Model Berkendara Premium yang Berkesan ke Pasar Jawa Barat: Mazda Indonesia Tampil Eksis di GIIAS Bandung 2023

Baca juga: Donggala dan Poso Masih Tertunda! Inilah 2 Kabupaten Produksi Padi Paling Banyak di Provinsi Sulawesi Tengah, Lainnya Ada yang Tau?

Kalimantan Barat, dengan ibukota di Pontianak, adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yang memiliki luas wilayah yang cukup besar.

Menariknya, pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memiliki rencana untuk memekarkan wilayahnya menjadi tiga provinsi baru.

Pengumuman ini disampaikan oleh H. Sutarmidji dalam sebuah pertemuan di ruang rapat Praja Kantor Gubernur Kalbar.

Tak hanya sebatas wacana, namun rencana pemekaran ini telah mencakup beberapa calon nama untuk provinsi-provinsi baru yang akan terbentuk di wilayah Kalimantan Barat.

Jika usulan pemekaran ini terealisasi, total provinsi di Pulau Kalimantan akan bertambah menjadi tujuh, dari sebelumnya lima provinsi.

Beberapa nama calon provinsi hasil pemekaran di wilayah Kalimantan Barat termasuk Provinsi Kalimantan Barat (yang tetap mempertahankan namanya), Provinsi Kapuas Raya, dan Provinsi yang mencakup wilayah Ketapang dan Kayong Utara.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr