sunbanner

Jawa Barat Bisa Tenggelam Jika Waduk Terbesar Habiskan Dana Rp 3 Trilliun Ini Jebol, Gak Main-main Luasnya Bisa Capai 4.983 Ha

Jawa Barat Bisa Tenggelam Jika Waduk Terbesar Habiskan Dana Rp 3 Trilliun Ini Jebol, Gak Main-main Luasnya Bisa Capai 4.983 Ha

bendungan-tom-fisk/pexels-

Jika waduk ini jebol, Indonesia, terutama Jawa Barat, bisa menghadapi risiko tenggelam yang serius.

Fenomena ini tidak hanya sekadar ancaman, tetapi juga pernah menjadi kenyataan pada tahun 2021, saat pemukiman warga tenggelam dan kemudian muncul kembali, termasuk Desa Cibungur, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. 



Walaupun memiliki dampak sosial yang signifikan, seperti tenggelamnya 28 desa dan pemukiman warga, Waduk Jatigede juga menunjukkan keajaiban dalam keberlanjutan.

Desa yang sudah tenggelam, seperti Desa Cibungur, muncul kembali setelah dua bulan tanpa hujan.

Pemandangan unik ini menunjukkan bahwa waduk ini tidak hanya menjadi sumber daya air, tetapi juga menjadi tempat kehidupan yang menakjubkan.





×

Terlepas dari dampak yang dihasilkan, Waduk Jatigede memiliki daya tarik tersendiri.

Sebuah masjid yang berdiri tegak dan jalan-jalan setapak yang dapat digunakan oleh warga dan pengendara menunjukkan keuletan dan ketahanan infrastruktur di sekitar waduk.

Baca juga: Kediri Mulai Ketar-Ketir! Desa Tertua di Lombok Tengah ini Warganya Fasih Berbahasa Inggris, Diapit Tebing Tinggi Berdiri Sejak 1852

Baca juga: Wow Panasnya Gak Umum! Sulawesi Utara Punya Pantai Paling Terpencil Lokasinya, Airnya Panas Sekali Bisa Bikin Telur Rebus!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr