sunbanner

Jangan Kaget, Ini Daftar Daerah yang Masuk Wacana Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Sulteng dan Gorontalo

Jangan Kaget, Ini Daftar Daerah yang Masuk Wacana Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Sulteng dan Gorontalo

Sulawesi--

Berikut adalah daftar daerah yang sedang dalam wacana pemekaran wilayah kabupaten dan kota di Pulau Sulawesi, berdasarkan informasi dari YouTube Mahasiswa Geografi:

  1. Kota Tahuna Provinsi Sulawesi Utara, pemekaran dari Kepulauan Sangihe. Terdiri dari kecamatan Tahuna, Tahuna Barat, Tahuna Timur, dan Kendahe.



  2. Kabupaten Talaud Selatan Provinsi Sulawesi Utara, pemekaran dari Kepulauan Talaud. Terdiri dari enam kecamatan, termasuk Salibabu, Moronge, Lirung, Kalongan, Kabaruan, dan Damau.

  3. Kota Langowan Provinsi Sulawesi Utara, pemekaran dari Kabupaten Minahasa. Terdiri dari empat kecamatan, yakni Langowan Barat, Langowan Timur, Langowan Utara, dan Langowan Selatan.

  4. Kabupaten Boliyohuto Provinsi Gorontalo, pemekaran dari Kabupaten Gorontalo. Terdiri dari lima kecamatan, yakni Asparaga, Tolangohula, Mootilango, Boliyohuto, dan Bilato.





  5. ×

    Kabupaten Panipi Provinsi Gorontalo, pemekaran dari Kabupaten Gorontalo. Terdiri dari enam kecamatan, seperti Bongomeme, Dungaliyo, Tabongo, Batudaa, Batudaa Pantai, dan Bilihu.

  6. Kota Telaga Provinsi Gorontalo, pemekaran dari Kabupaten Gorontalo. Terdiri dari empat wilayah kecamatan, yaitu Telaga Biru, Telaga, Telaga Jaya, dan Tilango.

  7. Kabupaten Bone Pesisir Provinsi Gorontalo, pemekaran wilayah Kabupaten Bone Bolango. Termasuk kecamatan Kabila Bone, Bone Pantai, Boluwa, Bone Raya, dan Bone.

  8. Kabupaten Gorontalo Barat Provinsi Gorontalo, pemekaran dari Kabupaten Pohuwato. Terdiri dari lima kecamatan, yakni Popayato Barat, Lemito, Popayato Timur, Popayato, dan Wanggarasi.

  9. Kabupaten Moutung Provinsi Sulawesi Tengah, pemekaran dari Kabupaten Parigi Moutong. Termasuk kecamatan Moutong, Taopa, Bolano Lambunu, Bolano, Ongka Malino, dan Mepanga.

  10. Kabupaten Tomini Raya Provinsi Sulawesi Tengah, pemekaran dari Kabupaten Parigi Moutong. Melibatkan tujuh kecamatan, seperti Tomini, Palasa, Tinombo, Sidoan, Tinombo Selatan, Kasimbar, dan Toribulu.

  11. Kabupaten Bone Selatan Provinsi Sulawesi Selatan, pemekaran dari Kabupaten Bone. Terdiri dari enam kecamatan, yakni Libureng, Patimpeng, Kahu, Bontocani, Salomekko, dan Kajuara.

  12. Kabupaten Luwu Tengah Provinsi Sulawesi Tengah, pemekaran dari Kabupaten Luwu. Melibatkan enam kecamatan, termasuk Lamasi, Walendrang Barat, Walendrang Utara, Walendrang, Walendrang Timur, dan Lamasi Timur.

  13. Kabupaten Balanipa Provinsi Sulawesi Barat, pemekaran dari Kabupaten Polewali Mandar. Terdiri dari tujuh kecamatan, seperti Tubbi Taramanu, Allu, Luyo, Campalagian, Balanipa, Limboro, dan Tinambung.

  14. Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, pemekaran dari Kabupaten Mamuju. Melibatkan lima kecamatan, termasuk Simboro dan Kepulauan, Mamuju, Tapalang Barat, dan Tapalang.

  15. Kota Raha Provinsi Sulawesi Tenggara, pemekaran dari Kabupaten Muna. Termasuk sembilan kecamatan, seperti Napabalano, Katobu, Duruka, Lohia, Kontunaga, Watopute, Laiworu, Lasalepa, dan Towea.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr