sunbanner

Fakta Seram! Jakarta Hanya Awal, 5 Daerah Lainnya juga Terancam Tenggelam dan Menghilang Akibat Iklim, Warga Sudah Siap Packing-Packing Pergi ke Daerah Lain?

Fakta Seram! Jakarta Hanya Awal, 5 Daerah Lainnya juga Terancam Tenggelam dan Menghilang Akibat Iklim, Warga Sudah Siap Packing-Packing Pergi ke Daerah Lain?

-UNPLASH-

1. Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Ancaman abrasi pantai di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menimbulkan kekhawatiran yang serius. Setiap tahun, sekitar 100 meter lahan tenggelam karena dampak abrasi yang terjadi.

Berbagai faktor seperti penurunan tanah, kenaikan suhu, reklamasi, dan pembangunan telah memperparah situasi ini, menciptakan kondisi yang semakin tidak menguntungkan.



Bahkan, dampak banjir rob sudah merenggut dua Dusun di desa Bedono, memaksa lebih dari 200 kepala keluarga untuk melakukan relokasi.

Akibatnya, bangunan-bangunan yang kini ditinggalkan sejak tahun 2001 menjadi saksi bisu dari perubahan pahit ini.

2. Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Kota Pekalongan, yang terletak di pesisir Jawa Tengah, mengalami penurunan muka tanah sebesar 6 cm per tahun dan kenaikan permukaan air laut yang menjadi ancaman serius.





×

Meskipun pemerintah setempat telah berusaha dengan membangun tanggul dan menaikkan lantai rumah, namun tetap saja air laut menghantui pemukiman warga.

Saat ini, banjir rob menjadi kejadian hampir setiap hari, bahkan di Kelurahan yang jaraknya jauh dari laut. Upaya mitigasi tampaknya belum mampu meredakan ancaman ini sepenuhnya.

3. Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi

Desa Pantai Bahagia di Muara Gembong, Bekasi, terus mengalami penyusutan karena meningkatnya permukaan air laut. Selain abrasi, pengikisan garis pantai juga menghancurkan sejumlah besar rumah penduduk.

Upaya warga untuk membangun tanggul dan meninggikan lantai rumah terasa sia-sia, karena jarak pemukiman dengan bibir pantai terus menyusut sejak dua dekade yang lalu.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr