sunbanner

Bukan Sekadar Bendungan Biasa! 37 Desa Tenggelam Imbas DAM Jawa Tengah Jadi Sorotan, Siapa yang Berhak Atas Luas 6.576 Ha?

Bukan Sekadar Bendungan Biasa! 37 Desa Tenggelam Imbas DAM Jawa Tengah Jadi Sorotan, Siapa yang Berhak Atas Luas 6.576 Ha?

-UNPLASH-

Pemerintah merancangnya sedemikian rupa sehingga luas genangan air mencapai 2.830 hektare, sementara daratan mencapai 3.746 hektare.

Dengan kapasitas sebesar itu, pemerintah menetapkan target agar bendungan tersebut mampu mengairi lahan pertanian seluas 70 hektar di sekitarnya.



Lebih dari itu, proyek ini juga melibatkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas mencengangkan, yakni mencapai 22,5 megawatt.

Bukan hanya sebagai sumber energi, bendungan ini juga memenuhi kebutuhan air baku untuk masyarakat yang berdomisili di sekitarnya.

Baca juga: Apartemen Megah di Surabaya Jawa Timur Ini Terbengkalai Sejak Tahun 1994, Bikin Merinding! Tiba-tiba Terbakar Meski Gak Berpenghuni





×

Baca juga: Proyek Bandara Terbesar di Sumatera Utara Seluas 1,605 Ha Ini Gagal Dibangun Meski Sudah Ganti 4 Presiden, Kok Bisa? Begini Kondisi Terbaru

Baca juga: Jangan Kaget, Ini Daftar Daerah yang Masuk Wacana Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Sulteng dan Gorontalo

Kolaborasi dalam pendanaan proyek ini melibatkan peran aktif dari pemerintah dan sektor swasta.

Total dana yang diperlukan mencapai angka yang signifikan, yakni USD25,2 juta, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Bank Ekspor dan Impor Jepang (Bank Exim Jepang).

Jika hanya mengandalkan APBN, nyatanya tidak akan mencukupi untuk mewujudkan pembangunan bendungan berskala besar ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut, narasi di atas merujuk pada proyek pembangunan Waduk Kedungombo di Jawa Tengah.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr