sunbanner

Menegangkan! Bandara Rokot di Sumatera Barat Bakal Tenggelam Meski Dibangung dengan Gelontorkan Rp547 M, Bahkan Sudah Diprediksi Sebelumnya, Kenapa Dibangun?

Menegangkan! Bandara Rokot di Sumatera Barat Bakal Tenggelam Meski Dibangung dengan Gelontorkan Rp547 M, Bahkan Sudah Diprediksi Sebelumnya, Kenapa Dibangun?

Pembengkakan Anggaran Hingga Rp400 M! Terdapat 997 Danau di Bangka Belitung: Mengapa Mereka Diuruk demi Bandara Internasional? Apakah Tak Cukup Lahannya?-viarami/pixabay-

Penelusuran lebih lanjut mengungkapkan dua faktor utama yang menjadi penyebab tenggelamnya bandara tersebut.

Faktor pertama terkait dengan adanya abrasi pantai yang secara bertahap mengikis wilayah daratan. Di sisi lain, faktor kedua adalah aktivitas masyarakat yang secara rutin mengambil batu karang dari lautan untuk keperluan pembangunan rumah.



Kepala Suku Dinas Perhubungan Udara Sumatera Barat tahun 2011, Herry Zulman, memaparkan bahwa kondisi tersebut menyebabkan landasan pacu hanya dapat menampung pendaratan pesawat kecil dengan kapasitas 15 orang.

Baca juga: Jangan Kaget, Ini Daftar Daerah yang Masuk Wacana Pemekaran Wilayah di Pulau Sulawesi, Sulteng dan Gorontalo

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Kabupaten Bombana, Simak 5 Kecamatan Terbesarnya, Ternyata Juga Hasil dari Pemekaran





×

Baca juga: Berpotensi Tenggelamkan SOLO? Bendungan Tua di Jateng Sudah Ada Sejak 41 Tahun yang Lalu! Kalau Jebol Gimana?

Bandara yang diprediksi akan tenggelam ini merupakan Bandara Rokot, sebuah bandara perintis yang terletak di Desa Rokot, Kecamatan Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Menyikapi situasi kritis ini, pemerintah mengambil langkah tegas dengan melakukan renovasi besar-besaran untuk menyelamatkan Bandara Rokot.

Renovasi melibatkan perpanjangan landasan pacu hingga mencapai 1.500 meter dan peningkatan dimensi apron menjadi 175 meter x 75 meter, lengkap dengan taxiway berukuran 75 meter x 15 meter. Perbaikan ini memungkinkan tiga pesawat jenis ATR 72 500/600 dapat diparkir di bandara tersebut.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr