sunbanner

Kota Surakarta Gak Mau Kalah! Calon Ibu Kota Provinsi Baru DIS Ini Turut Bergabung Isu Pemekaran Bersama 8 Daerah Lainnya, Cek Daftarnya

Kota Surakarta Gak Mau Kalah! Calon Ibu Kota Provinsi Baru DIS Ini Turut Bergabung Isu Pemekaran Bersama 8 Daerah Lainnya, Cek Daftarnya

daerah-afta-putra-gunawan/unplash-

Provinsi Cirebon

Pemekaran dari Provinsi Jawa Barat, mencakup Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka. Ibukota Provinsi Cirebon direncanakan di Kota Cirebon.



Baca juga: Situs Makam Raksasa Sebanyak 200 Kuburan di Blitar Ini Disulap Jadi Bangunan Megah Habiskan Dana Rp 25 Milliar, Bisa Tebak Gedung Apa?

Provinsi Banyumasan

Usulan pemekaran dari Provinsi Jawa Tengah, mencakup Kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, Kota Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap, dan Kebumen. Ibukota Provinsi Banyumasan direncanakan di Kota Purwokerto.





×

Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran dari Provinsi Jawa Tengah, melibatkan Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri. Ibukota Provinsi ini akan berada di Kota Surakarta.

Provinsi Muria Jaya atau Jawa Utara

Provinsi ini merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Tengah, mencakup Kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Blora, Rembang, dan Grobogan. Ibukota Provinsi Muria Jaya berlokasi di Kabupaten Kudus.

Baca juga: Wacana Pemekaran Kalimantan Tengah Buat Kotawaringin Utara Bakal Jadi Calon Ibu Kota Terbaik Kalahkan IKN, Hah Masa? Begini Isu Pemekaran Wilayah

Ke-9 calon provinsi baru di Pulau Jawa ini masih dalam tahap wacana dan proses penggodokan lebih lanjut. Meskipun begitu, usulan pemekaran ini menciptakan antusiasme dan pembahasan yang terus berkembang di tingkat masyarakat dan pemerintah setempat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr