sunbanner

Ternyata Ini Daerah yang Akan Jadi Ibukota Provinsi Baru yang Lepas dari Kalteng

Ternyata Ini Daerah yang Akan Jadi Ibukota Provinsi Baru yang Lepas dari Kalteng

Kalimantan Tengah--

Ternyata Ini Daerah yang Akan Jadi Ibukota Provinsi Baru yang Lepas dari Kalteng

Provinsi Kalimantan Tengah, atau Kalteng, memiliki kabupaten yang terletak sejauh 457 km dari ibukota, Kota Palangka Raya.



Meskipun Kota Palangka Raya menjadi pusat pemerintahan Kalteng, terdapat usulan untuk menjadikan sebuah kabupaten yang terletak jauh dari Palangka Raya sebagai ibukota potensial untuk provinsi baru.

Baca juga: 5 Daerah di Kalimantan Tengah Ini Juaranya Penghasil Durian Terbaik! Seharinya Bisa Tembus Panen 8.774 Kuintal

Baca juga: Jejak Bencana di Balik Sekolah Terbengkalai di Jawa Timur yang Menyisakan Kekosongan Murid, Sudah 6 Tahun Ditinggalkan dan Kosong, Jadi Sarang Dedemit?





×

Baca juga: Tragis! Tambang Batubara Terbesar Seluas 94,2 Ha di Sumatera Barat Meledak Meski Masih Bisa Aktif Sampai Tahun 2023, Kini Nasibnya Gimana? 

Wacana pemekaran Kalteng menjadi provinsi baru muncul karena wilayahnya yang sangat luas.

Berdasarkan data BPS, luas wilayah Kalimantan Tengah mencapai 153.443,9 kilometer persegi. Luas yang besar ini ternyata hanya dihuni oleh 2,7 juta penduduk, membuatnya menjadi wilayah yang relatif jarang penduduk.

H. Abdul Razak, Wakil Ketua 1 DPRD Kalteng, menjelaskan bahwa luas wilayah Kalimantan Tengah setara dengan 1,5 kali lipat luas Pulau Jawa.

Karena luasnya tersebut, usulan pemekaran Kalteng menjadi provinsi baru sudah diajukan beberapa tahun lalu.

Baca juga: Cek Kebenaran Samosir dan Nias Akan Cabut dari Sumut? Pemekaran Sumatera Utara Akan Bentuk Kota, Kabupaten hingga Provinsi Baru?

Salah satu provinsi baru yang diusulkan adalah Provinsi Kotawaringin, dan syarat pembentukannya adalah minimal memiliki 5 daerah kabupaten/kota, sesuai dengan Pasal 35 UU No. 23 Tahun 2014.

Daerah yang diusulkan untuk membentuk Provinsi Kotawaringin mencakup Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara.

Ibukota provinsi ini direncanakan akan berada di Kabupaten Seruyan, yang terletak jauh dari ibukota provinsi Kalteng, Palangka Raya.

Namun, keputusan terkait pemekaran wilayah menjadi provinsi baru tetap berada di tangan pemerintah pusat, yang saat ini masih menjalankan moratorium terhadap pemekaran wilayah.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr