sunbanner

Kota Kecil Dekat Samarinda Segera Jadi Ibu Kota Baru Pemekaran Kalimantan Timur, Cek Infonya di Sini!

Kota Kecil Dekat Samarinda Segera Jadi Ibu Kota Baru Pemekaran Kalimantan Timur, Cek Infonya di Sini!

Balikpapan --

Kota Kecil Dekat Samarinda Segera Jadi Ibu Kota Baru Pemekaran Kalimantan Timur, Cek Infonya di Sini!

Usulan pemekaran Kalimantan Timur semakin menguat belakangan ini, muncul sebagai respons terhadap ketidakpuasan beberapa daerah terhadap ketidakmerataan pembangunan yang ada.



Baca juga: Lolos Kualifikasi Fasilitas Body & Paint, Deler Mercedes-Benz PT Hartono Raya Motor Surabaya Sukses Dapatkan Sertifikasi dari Jerman

Baca juga: Provinsi Bolmong Raya Segera Terealisasi, Simak Info Lengkapnya Mulai Daftar Kabupaten Hingga Total Luas Wilayahnya

Salah satu faktor utama ketidakmerataan pembangunan tersebut adalah luasnya wilayah provinsi yang terlalu besar.





×

Meskipun daerah-daerah tersebut memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan bagi provinsi, namun jarak yang cukup jauh dari ibukota, yaitu Samarinda, menjadi hambatan dalam urusan birokrasi.

Dilansir dari kaltim.bps.go.id, Kalimantan Timur memiliki luas wilayah mencapai 127.364,92 km2 dengan hanya terdiri dari 10 kabupaten atau kota.

Dengan adanya hambatan birokrasi tersebut, muncul usulan untuk menjadikan kota yang berjarak sekitar 100 km dari Samarinda sebagai ibukota provinsi baru.

Provinsi baru hasil pemekaran Kalimantan Timur ini diusulkan akan terdiri dari 4 kabupaten atau kota.

Baca juga: Jumlah Penduduknya Bisa Capai 10 Juta Jiwa! DKI Jakarta Gak Cocok Jadi Ibu Kota Lagi? IKN Maju Gusur Wilayah Metropolitan Lama

Baca juga: Bandara Raksasa di Sumatera Utara Ini Punya Desain Mirip Kantor Kejaksaan Senilai Rp 350 Milliar! Kaget Gak Tuh, Kok Bisa?

Namun, terdapat penolakan terhadap usulan tersebut, salah satunya datang dari mantan Ketua DPRD Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong.

Menurutnya, pemekaran Kalimantan Timur memerlukan biaya besar dan memiliki unsur politis yang kuat.

Meskipun telah dibentuk Tim Peneliti Pembentukan Provinsi Kalimantan Tenggara yang dipimpin oleh Harimuddin Rasyid, usulan ini masih belum mendapatkan respon dari pemerintah pusat.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr