sunbanner

Provinsi Baru Muncul di Sulawesi, Bugis Timur Hasil Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan, Cek Luas Wilayahnya

Provinsi Baru Muncul di Sulawesi, Bugis Timur Hasil Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan, Cek Luas Wilayahnya

Watampone--

Provinsi Baru Muncul di Sulawesi, Bugis Timur Hasil Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan, Cek Luas Wilayahnya

Bugis Timur menjadi perbincangan dalam wacana pemekaran wilayah di Indonesia, dengan rumor yang menyebutkan bahwa Bugis Timur berpotensi menjadi provinsi baru yang terpisah dari Sulawesi Selatan (Sulsel).



Berdasarkan informasi yang dikutip dari Bondowoso Network melalui laman sulsel.bps.go.id, Sulawesi Selatan memiliki 24 kabupaten dan kota.

Baca juga: Provinsi Bolmong Raya Segera Terealisasi, Simak Info Lengkapnya Mulai Daftar Kabupaten Hingga Total Luas Wilayahnya

Baca juga: Lolos Kualifikasi Fasilitas Body & Paint, Deler Mercedes-Benz PT Hartono Raya Motor Surabaya Sukses Dapatkan Sertifikasi dari Jerman





×

Baca juga: Kota Kecil Dekat Samarinda Segera Jadi Ibu Kota Baru Pemekaran Kalimantan Timur, Cek Infonya di Sini!

Provinsi Sulawesi Selatan sendiri terdiri dari 21 kabupaten dan 3 wilayah kota, dengan luas wilayah mencapai 45.704,16 km persegi.

Kabupaten Luwu Utara menjadi kabupaten terluas di Sulsel, dengan luas mencapai 7.518,71 km2, sementara Kota Pare-Pare merupakan wilayah terkecil dengan luas hanya 89,69 km2.

Kota Makassar menjadi daerah dengan jumlah penduduk terbanyak, sementara Kepulauan Selayar memiliki jumlah penduduk yang paling sedikit.

Dilansir dari laman Youtube BUGIS TIMUR, Sulawesi Selatan masuk dalam daerah yang sedang dibahas mengenai pemekaran wilayah. Jika pemekaran Bugis Timur terwujud, luas wilayahnya diperkirakan mencapai 13 ribu km2, sebanding dengan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Baca juga: Muncul Provinsi Baru di Kalimantan, Ini Daftar Kabupaten yang Termasuk ke Provinsi Baru Hasil Pemekaran Kalimantan Tengah

Baca juga: 5 Daerah di Kalimantan Tengah Ini Juaranya Penghasil Durian Terbaik! Seharinya Bisa Tembus Panen 8.774 Kuintal

Penduduk Bugis Timur diperkirakan mencapai sekitar 2,5 juta jiwa.

Untuk ibukota provinsi Bugis Timur, ada tiga kandidat yang masuk dalam wacana, yaitu Watampone, Sengkang, dan Pompanua.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr