sunbanner

Bikin Kaget Sulawesi Utara Bakal Pecah, Ada Provinsi Baru Bolaang Mongondow Raya yang Gaet 6 Kabupaten di Sana

Bikin Kaget Sulawesi Utara Bakal Pecah, Ada Provinsi Baru Bolaang Mongondow Raya yang Gaet 6 Kabupaten di Sana

Bolaang Mongondow Selatan--

Bikin Kaget Sulawesi Utara Bakal Pecah, Ada Provinsi Baru Bolaang Mongondow Raya yang Gaet 6 Kabupaten di Sana

Munculnya wacana tentang pemekaran Provinsi Bolaang Mongondow Raya yang disebut-sebut akan memisahkan diri dari Sulawesi Utara menjadi sorotan perbincangan.



Sulawesi Utara menjadi bagian dari diskusi tentang potensi pemekaran daerah otonomi baru (DOB), dan salah satu yang tengah menjadi fokus adalah Bolaang Mongondow Raya.

Baca juga: Jangan Kaget, Ini 5 Kabupaten dengan Desa Terbanyak di Sulawesi Tenggara, No 1 dan 2 Punya Lebih dari 300

Baca juga: Kota Kecil Dekat Samarinda Segera Jadi Ibu Kota Baru Pemekaran Kalimantan Timur, Cek Infonya di Sini!





×

Baca juga: Lolos Kualifikasi Fasilitas Body & Paint, Dealer Mercedes-Benz PT Hartono Raya Motor Surabaya Sukses Dapatkan Sertifikasi dari Jerman

Wacana mengenai pemekaran wilayah Bolaang Mongondow Raya telah menjadi topik pembicaraan yang intens, dengan tujuan membentuk sebuah provinsi baru.

Sebagaimana dilansir dari keterangan Anjar Fiky Sutrisno dan Ir Suryono MT, dosen Program Studi Tekni Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi.

Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Hary Sarundajang, menyatakan bahwa pembentukan DOB sejalan dengan grand design penataan daerah 2010-2025 yang mengacu pada undang-undang.

Baca juga: DKI Jakarta Minggir Dulu! Calon Ibu Kota Negara Dianggap Cocok Gantikan Wilayah Ini Usai Ketahuan Jumlah Penduduk Membludak, Capai 11.101.000 Jiwa Tahun 2026

Baca juga: Bandara Raksasa di Sumatera Utara Ini Punya Desain Mirip Kantor Kejaksaan Senilai Rp 350 Milliar! Kaget Gak Tuh, Kok Bisa?

Wacana pemekaran dari Bolaang Mongondow Raya ini muncul atas usulan dari masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bolaang Mongodow induk.

Usulan tersebut juga berasal dari pemerintah Bolaang Mongondow Utara, Kota Mobagu, Bolaang Mongondow Selatan, dan Bolaang Mongondow Timur.

Dengan kondisi wilayah Bolaang Mongondow yang sedang mengalami perkembangan, daerah ini dianggap memenuhi syarat untuk membentuk DOB atau provinsi baru.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr