sunbanner

Bikin Kaget Sulawesi Utara Bakal Pecah, Ada Provinsi Baru Bolaang Mongondow Raya yang Gaet 6 Kabupaten di Sana

Bikin Kaget Sulawesi Utara Bakal Pecah, Ada Provinsi Baru Bolaang Mongondow Raya yang Gaet 6 Kabupaten di Sana

Bolaang Mongondow Selatan--

Baca juga: Waduh Bogor Pecah! Muncul Kabupaten Baru di Jawa Barat yang Angkat Jonggol Jadi IbuKota

Baca juga: Luasnya Bisa Capai 2.436 m2! Bandara Internasional di Sumatera Utara Ini Bak Kantor Kerajaan Bukan Mirip Landasan Pacu, Bisa Tebak yang Mana?



Adapun wilayah yang masuk dalam wacana pemekaran dari Bolaang Mongondow Raya meliputi:

Berdasarkan data BPS tahun 2022, Sulawesi Utara memiliki luas wilayah 13.892 km², terdiri dari 294 pulau, dengan jumlah penduduk sekitar 2,6 juta jiwa, dan terdiri dari 1.840 desa dan kelurahan, 171 kecamatan, serta 15 kabupaten dan kota.

Calon provinsi baru, yaitu Provinsi Bolaang Mongondow Raya, akan berada di sisi selatan dengan luas wilayah 7.1087 km² dan jumlah penduduk sekitar 619.240 jiwa pada tahun 2021.





×

Wilayah administrasi ini terdiri dari 54 desa dan kelurahan, 39 kecamatan, serta sekitar 5 atau 6 kabupaten dan kota, termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Tengah, dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Rencananya, ibu kota dari Provinsi Bolaang Mongondow Raya akan berada di Kotamobagu.

Demikianlah informasi mengenai wacana pemekaran Bolaang Mongondow Raya yang berpotensi memisahkan diri dari Sulawesi Utara.

Baca juga: Usulan Baru Pemekaran di Jabar, Provinsi Pakuan Bhagasasi Bakal Cakup 8 Wilayah, Cek Daftar Kabupaten dan Ibukota

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr