sunbanner

Tangerang Raya Calon Provinsi Baru Pemekaran Banten Tunjuk Kota Kecil Ini Bakal Jadi Ibu Kotanya, Serang Gigit Jari dan Minggir Dulu Ya

Tangerang Raya Calon Provinsi Baru Pemekaran Banten Tunjuk Kota Kecil Ini Bakal Jadi Ibu Kotanya, Serang Gigit Jari dan Minggir Dulu Ya

Tangerang -kabupaten Tangerang-

Hingga saat ini, tiga daerah telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam membentuk Provinsi Tangerang Raya, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Untuk memenuhi syarat administratif, Kabupaten Tangerang berencana membentuk kabupaten dan kota baru, yaitu Kota Tangerang Tengah (Tangteng) dan Kabupaten Tangerang Utara.



Dengan penambahan kabupaten dan kota baru, syarat pembentukan Provinsi Tangerang Raya dapat terpenuhi.

Namun, di balik perkembangan modernnya, Tangerang menyimpan sejarah dan warisan budaya yang kaya dan mendalam.

Asal-usul nama "Tangerang" berasal dari kata "tengger" atau "tetengger" dalam bahasa Sunda, yang berarti tanda atau penanda.





×

Ini merujuk pada tugu bambu yang didirikan oleh Pangeran Soegiri, putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten, di sebelah barat Sungai Cisadane.

Peristiwa penting terjadi pada tanggal 17 April 1684, di mana perjanjian antara Sultan Abunnashri Abdulkahar dan VOC Belanda menyatakan Tangerang sepenuhnya menjadi milik VOC.

Meskipun sekarang di bawah kendali Belanda, kesalahan ejaan dari tentara VOC asal Makassar yang menyebut "Tangeran" sebagai "Tangerang" melekat dan diwariskan sebagai nama resmi kota ini.

Baca juga: Luas Wilayahnya Capai 200,29 Km persegi, Ternyata Ini Wilayah Terbesar di Depok, Uniknya No 3 Hasil Pemekaran

Baca juga: Lokasi Paling Angker di Kalimantan: Tempat Mistis dan Terangker yang Bikin Merinding! Indigo Tak Berani Masuk Atau Eksplore

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr