sunbanner

Pemekaran Kabupaten Tanah Kambatang Lima Siap Dirancang? Cek Daerah Mana Saja yang Jadi Ibu Kota Barunya

Pemekaran Kabupaten Tanah Kambatang Lima Siap Dirancang? Cek Daerah Mana Saja yang Jadi Ibu Kota Barunya

Sekepal Tanah dari Surga Ada di Jambi: Kota Baru Hasil Pemekaran Kabupaten Sungai Penuh, Temukan Keunikan dan Kejutan di Setiap Sudut dnegan Luas 391,5 Km2-PEXEL-

Latar Belakang

Pada tanggal 14 Agustus 1950, DPRD Kalimantan Selatan mengukuhkan status Provinsi Kalimantan Selatan melalui surat keputusan No. 2 Tahun 1989 yang dikeluarkan pada 31 Mei 1989.

Penetapan ini merujuk pada periode pembentukan Provinsi Kalimantan setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS), yang dipimpin oleh Gubernur Dokter Moerjani sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950.

Rencana Pemekaran Wilayah

1. Gambut Raya



Sebagai Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), Gambut Raya diusulkan sebagai entitas yang mandiri. Calon Ibu Kota yang diajukan adalah Gambut, dengan Daerah Induk berasal dari Kabupaten Banjar.

Wilayah yang akan mencakup Kecamatan Gambut, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Aluh-Aluh, Beruntung Baru, dan Tatah Makmur.

2. Pulau Laut Kepulauan

Pulau Laut Kepulauan juga diusulkan sebagai Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), dengan Ibu Kota yang masih dalam proses penentuan.





×

Daerah Induknya adalah Kabupaten Kotabaru, dan cakupan wilayahnya mencakup Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Pulau Laut Barat, Pulau Laut Selatan, Pulau Laut Tanjung Selayar, dan Pulau Sembilan.

Baca juga: Provinsi Sumatera Timur Bakal Jadikan Kota Tanjung Balai Calon Ibu Kota Baru! Isu Wacana Pemekaran Wilayah Ini Segera Terealisasi Tahun 2024?

Baca juga: Donggala Ngajak Poso Keluar dari Provinsi Sulawesi Tengah, Usai Gagal Menjadi Kabupaten Penghasil Padi Terbesar Hingga Bisa Hasilkan 245.039,66 Ton Padi

3. Tanah Kambatang Lima

Tanah Kambatang Lima diajukan sebagai Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), dengan opsi Calon Ibu Kota yang melibatkan Kelumpang Hulu, Kelumpang Barat, atau Sungai Durian.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr