sunbanner

Tanjungpinang Dekat Pintu Gerbang Ibu Kota Baru? Eksplor Lebih Jauh Potensi Pemekaran Kota Terluas di Kepri! Cek Daerah Rumahmu Masuk Atau Tidak

Tanjungpinang Dekat Pintu Gerbang Ibu Kota Baru? Eksplor Lebih Jauh Potensi Pemekaran Kota Terluas di Kepri! Cek Daerah Rumahmu Masuk Atau Tidak

Seluas Palestina? Alasan 4 Kabupaten Sulawesi Utara Berkeinginan Lepas dari NKRI! Sempat Deklarasi pada 25 September Ngaku Ingin Merdeka?-PEXEL-

Kondisi tersebut cukup mengejutkan, mengingat umumnya ibu kota provinsi memiliki daya tarik yang mampu menarik minat penduduk untuk menetap di sana.

Akan tetapi, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPS pada tahun 2022, jumlah penduduk Tanjungpinang hanya mencapai angka 239,85 jiwa.



Bahkan, banyak pihak yang mengusulkan pemindahan ibu kota Kepri ke daerah lain yang terletak sekitar 90 km dari Tanjungpinang.

Daerah tersebut dianggap lebih strategis dan dilengkapi dengan fasilitas yang jauh lebih komprehensif.

Bukan hanya itu, daerah yang dimaksud juga berperan sebagai pusat perekonomian di provinsi Kepri.





×

Hal inilah yang menjadi faktor utama yang mendorong banyak orang untuk memilih tinggal di daerah tersebut.

Baca juga: Ngak Cuma IKN, Segera Hadir 3 Provinsi Baru di Kalimantan, Apa Saja? Cek Infonya di SINI!

Baca juga: Isu Pemekaran Paling Gempar Ada di Provinsi Malang Raya! Kota Ini Bakal Jadi Calon Ibu Kota Wilayah Baru, Kecamatan Lowokwaru Terlibat?

Bahkan, pada tahun 2022, daerah ini menjadi daerah dengan jumlah penduduk terbesar di Kepri, mencapai 1.269,41 jiwa, dengan luas wilayah mencapai 960,25 km2, sesuai data yang diungkap oleh BPS.

Banyak yang merasa penasaran dengan daerah yang dimaksud. Ternyata, daerah yang dimaksud tersebut adalah Batam.

Dalam informasi yang dilansir dari situs bpbatam.go.id, Batam dibentuk berdasarkan inisiasi dari Presiden Kedua RI, Soeharto.

Kemudian, BJ. Habibie melanjutkan pembangunan Batam dan menetapkannya sebagai kota administratif dengan tujuan untuk bersaing dengan Singapura dan Malaysia.

Setelah Batam dan beberapa daerah di sekitarnya mekar dan membentuk Provinsi Kepri, perkembangannya semakin pesat.

Simak pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr