sunbanner

Wilayahnya Terpencil Gak Ya? Kabupaten Terjauh di Sumatera Barat Ini Bisa Habiskan Bensin ke Padang, Waduh! Boros Biaya Nih

Wilayahnya Terpencil Gak Ya? Kabupaten Terjauh di Sumatera Barat Ini Bisa Habiskan Bensin ke Padang, Waduh! Boros Biaya Nih

daerah-deborah/pexels-

Namun, bukan hanya Kabupaten Kepulauan Mentawai yang memiliki jarak tempuh yang signifikan.

Terdapat empat kabupaten lainnya yang juga tergolong sebagai kabupaten terjauh, yaitu Kabupaten Pasaman, Solok Raya, Dharmasraya, dan Pasaman Barat, yang masing-masing berjarak lebih dari 100 kilometer dari Kota Padang.



Dalam Buku Provinsi Sumatera Barat Dalam Angka Tahun 2023, disajikan fakta menarik mengenai jarak antar pusat kabupaten dan kota di provinsi ini.

Baca juga: Jalan Tol Termegah di Jawa Tengah Ini Bakal Gusur 54 Desa dan Rampung Tahun 2029 Mendatang? Cek Wilayah Kamu Termasuk Gak Nih

Baca juga: Tinggal Selangkah FIX! 6 Desa di Banyuwangi Akan Pecah dan Lakukan Pemekaran, Berkas dan Administrasi Sudah Diurus?





×

Meskipun terjauh, ketiga kabupaten tersebut—Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, dan Dharmasraya—menambah keberagaman dan kekayaan geografis Sumatera Barat.

Berikut adalah lima kabupaten terjauh di Sumatera Barat dan jaraknya dari ibukota provinsi, Kota Padang:

  • Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai ke Kota Padang: 151 kilometer
  • Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat ke Kota Padang: 130 kilometer
  • Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya ke Kota Padang: 126 kilometer
  • Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman ke Kota Padang: 121 kilometer
  • Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan ke Kota Padang: 119 kilometer

Dengan keberagaman geografis ini, Sumatera Barat tetap menjadi provinsi yang menarik dengan ciri khasnya yang unik dan keindahan alam yang tersebar di seluruh wilayahnya.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr