sunbanner

Melongo Gak Sih! Jawa dan Sumatera Segera Terwujud Terhubung dengan Dibangun Jembatan Raksasa Sepanjang 31 Km Kalahkan Suramadu

Melongo Gak Sih! Jawa dan Sumatera Segera Terwujud Terhubung dengan Dibangun Jembatan Raksasa Sepanjang 31 Km Kalahkan Suramadu

jembatan-luke-basley/unplash-

Tinggi jembatan dari permukaan air diperkirakan mencapai 70 meter, menciptakan sebuah marvel teknik yang memperkuat konektivitas antar-pulau di Indonesia.

Tahukah Anda bahwa jembatan ini memiliki nama? Diberi nama Jembatan Selat Sunda (JSS), jembatan ini bukan hanya merupakan proyek infrastruktur biasa.



Gagasan ini sebenarnya sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, bermula dari ide Profesor Sedyatmo, seorang guru besar ITB pada tahun 1960.

Proyek ini pertama kali diusulkan dengan nama Tri Nusa Bimasakti, yang secara simbolis menghubungkan tiga pulau utama, yaitu Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali.

Meskipun gagasan ini telah muncul sejak lama, proyek ini tidak mudah untuk direalisasikan. Pada tahun 2009, dilakukan prastudi kelayakan untuk mengukur kemungkinan pembangunan jembatan ini.





×

Hingga saat ini, pemerintah masih membuka peluang bagi investor asing untuk terlibat dalam proyek ini.

Salah satu tantangan utama adalah kedalaman laut Selat Sunda yang mencapai 150 meter, menambah kompleksitas dan resiko yang harus dihadapi.

Baca juga: Mall Tertua di Bali Berdiri Sejak Tahun 1997 Ini Harus Bangkrut dan Hutang hingga Rp 2,3 Trilliun, Sebabnya Kalah Saing dengan Brand Ini Loh

Baca juga: Jalan Tol Termegah di Jawa Tengah Ini Bakal Gusur 54 Desa dan Rampung Tahun 2029 Mendatang? Cek Wilayah Kamu Termasuk Gak Nih

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr