sunbanner

Jalan Tol Terpanjang di Lampung: Fakta Menarik dan Cerita Unik dari 3 Singkatan Daerah, Lampung-Palembang yang Bakal Membuatmu Penasaran!

Jalan Tol Terpanjang di Lampung: Fakta Menarik dan Cerita Unik dari 3 Singkatan Daerah, Lampung-Palembang yang Bakal Membuatmu Penasaran!

Di Balik Lereng Bukit Ada Tol Jogja Bawean yang Bakal Suguhkan Rute Menarik Karena Bakal Aktifkan 2 Terowongan?-Berbagai Sumber-

Perlu ditekankan bahwa pembangunan Tol Terpeka merupakan proyek yang membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Perlu diketahui bahwa dana investasi yang digunakan untuk pembangunan Tol Terpeka mencapai jumlah yang sangat fantastis yaitu sebesar Rp21,95 triliun.



Untuk mendapatkan dana sebesar itu, pemerintah menggandeng berbagai pihak, termasuk menggunakan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan mengajukan kredit sindikasi.

Pembangunan Tol Terpeka terbagi menjadi dua seksi yang berbeda. Sesuai dengan namanya, Tol Terpeka berasal dari singkatan tiga daerah yang dilalui, yaitu Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung.

Baca juga: Jember Pecah! Bakal Berdiri 2 Wilayah Baru, Apa Saja? Cek Info Lengkapnya di SINI!





×

Baca juga: 600 Meter Jaraknya! Jembatan Terpanjang Sumatera Utara Punya Sunset Terbaik yang Bisa Dibuat Prewedding

Seksi pertama dari Tol Terpeka, dengan panjang 112 kilometer, mencakup rute Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang. Sedangkan, seksi kedua dengan panjang 77 kilometer meliputi rute Pematang Panggang hingga Kayu Agung.

Tol Terpeka telah berhasil memperoleh pengakuan sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia dan bahkan telah mencatatkan diri dalam Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Demikianlah sebagian cerita mengenai Tol Terpeka yang ternyata merujuk pada singkatan dari tiga daerah yang dilalui oleh jalan tol ini.***

 

TAG: #jalan tol
Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr