sunbanner

Flower Timur Pisah, Bentuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran Nusa Tenggara Timur, Apa Ibukotanya?

Flower Timur Pisah, Bentuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran Nusa Tenggara Timur, Apa Ibukotanya?

Ratakan 3.600 ha! Sulawesi Utara Geser Perhatian Proyek Mega Bandara Internasional dengan Anggaran Rp5 T, Kapan Wujudnya Menjadi Kenyataan?--

Flower Timur Pisah, Bentuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran Nusa Tenggara Timur, Apa Ibukotanya?

Isu pemekaran wilayah yang terus menjadi topik pembicaraan, salah satunya berkaitan dengan kawasan di Kepulauan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).



Kabupaten Flores Timur diharapkan menjadi provinsi baru dalam konteks RUU 5 Provinsi yang sedang dibahas oleh Komisi II DPR RI.

Baca juga: Pemekaran Konawe dan Konawe Selatan Santer, Cek Daftar Kecamatan yang Bakal Gabung Kabupaten Baru

Baca juga: Gubernur Sudah Bertindak! Simak Rencana Pemekaran Provinsi Baru Bugis Timur dan Luwu Raya





×

Inisiatif tersebut bukan hanya berasal dari Gubernur NTT, melainkan seluruh pemangku kebijakan di Kabupaten Flores Timur juga mendukung gagasan tersebut.

Wacana pemekaran Provinsi NTT telah lama menjadi perbincangan di tingkat daerah, dan telah mendapat respons positif dari pemangku kebijakan setempat.

Bahkan, isu tersebut telah dibahas dalam rapat paripurna di DPRD NTT dan secara resmi diajukan untuk pembahasan dalam rapat paripurna DPR RI.

Dilansir dari berbagai sumber, wacana pemekaran ini tidak muncul tanpa alasan, sebab pembahasan tersebut telah menjadi topik hangat di tingkat lokal meski moratorium aturan masih berlaku pada waktu itu.

Baca juga: Pilih Keluar Sumut, Nias Bentuk Provinsi Baru, Simak Info Pemekaran Wilayah Sumatera Utara Jadi 3 Provinsi

Baca juga: Info Baru Pemekaran Jawa Timur, Blambangan Bukan Satu-Satunya Calon Provinsi Baru di Jawa Timur

Setelah berhasilnya upaya pembentukan provinsi baru di Papua, wilayah-wilayah termasuk di NTT mengupayakan kembali wacana pemekaran.

Kawasan di Kepulauan Flores memiliki potensi besar dari berbagai aspek yang dapat dioptimalkan oleh pemangku kebijakan jika perubahan aturan terkait pemekaran wilayah tersebut diberlakukan.

Meskipun berbagai aspek di daerah tersebut telah mendapatkan persetujuan, wacana pembentukan Provinsi Flores masih harus menunggu waktu.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr