sunbanner

Tol Bali Mandara Segera Mengudara! Sayang Sekali Tidak Dimodali oleh Pemerintah RI Melainkan Dapat Kucuran Dana dari Hungaria Sebesar Rp4,7 Triliun

Tol Bali Mandara Segera Mengudara! Sayang Sekali Tidak Dimodali oleh Pemerintah RI Melainkan Dapat Kucuran Dana dari Hungaria Sebesar Rp4,7 Triliun

Menelusuri Jalan Tol Tersepi di Indonesia, Apakah Gara-gara Harganya Mahal atau Tersembunyi Pengalaman Driver yang Seram?-abdul-ridwan/unplash-

Setelah melalui evaluasi, rencananya, sistem pembayaran ini akan diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol mulai Maret 2024.

Percobaan ini menjadi momen krusial, karena sebelumnya, rencana penerapan teknologi MLFF ini mengalami beberapa penundaan.



Awalnya direncanakan untuk Maret 2022, namun mundur hingga Desember 2022.

Setelah itu, jadwal implementasi kembali bergeser dan dijadwalkan untuk diujicoba di Bali pada 1 Juni 2023.

Namun, keterlambatan teknis membuatnya ditunda hingga Desember 2023.





×

Melansir informasi dari YouTube Branding IT, wacana penggunaan teknologi MLFF sebenarnya sudah mengalami keterlambatan sekitar 2 tahun.

Proyek ini, yang didanai oleh Pemerintah Hungaria dengan investasi mencapai 300 juta dolar atau sekitar Rp4,7 triliun, diprakarsai oleh PT Roatex Indonesia Toll System, perusahaan patungan antara Hungaria dan Indonesia.

Teknologi MLFF menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk memungkinkan pembayaran tanpa henti.

Kendaraan tidak perlu berhenti di gerbang tol, karena transaksi akan dilakukan melalui aplikasi smartphone yang terhubung ke satelit.

Sensor yang merekam setiap kendaraan yang melintasi gerbang tol akan secara otomatis membaca aplikasi pengguna, dan saldo uang elektronik akan langsung terpotong.

Baca juga: Wacana Pemekaran Wilayah Buat Kota Samarindah Fix Berubah Nama? Begini Isu Perluasan Kalimatan Timur, Siap-siap Ibu Kota Bakal Kegeser

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr