sunbanner

Waduh Ibu Kota Calon Provinsi Baru Pemekaran Nusa Tenggara Barat Telah Ditentukan, Sumbawa Besar Pilih Berubah Nama Jadi Apa?

Waduh Ibu Kota Calon Provinsi Baru Pemekaran Nusa Tenggara Barat Telah Ditentukan, Sumbawa Besar Pilih Berubah Nama Jadi Apa?

Nusa Tenggara Barat -map data/google-

Menurut Sekretaris KPKSR, Syamsul Fikri Sag Msi, usulan untuk perubahan nama ini sudah resmi diajukan kepada Pemerintah Provinsi, yang menegaskan bahwa Kota Sumbawa Rea akan diubah menjadi Kota Samawa Rea.

Langkah ini menjadi bagian dari persiapan sebagai ibukota Provinsi Pulau Sumbawa.



Provinsi Pulau Sumbawa sendiri merupakan bagian dari rencana pemekaran wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Calon ibukota Provinsi Pulau Sumbawa akan terletak di Kecamatan Samawa Rae (atau Kecamatan Sumbawa Besar) di Kabupaten Sumbawa, yang memiliki luas wilayah sekitar 840.6 kilometer persegi dengan populasi sekitar 161.010 jiwa.

Baca juga: Jangan Heran, Bogor Bakal Mengecil, Ada 14 Kecamatan yang Pilih Pisah dan Bentuk Kabupaten Baru, Apa Saja? Cek Infonya di Sini





×

Kecamatan Sumbawa Besar diusulkan untuk menjadi calon Kota Otonom yang meliputi lima kecamatan, termasuk Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Moyo Hilir, Kecamatan Moyo Utara, Kecamatan Unter Iwis, dan Kecamatan Badas Labuhan.

Tujuan utama dari pemekaran ini adalah untuk meratakan pembangunan, mempersingkat kendali birokrasi pemerintahan, serta menanggulangi tantangan akses informasi dan pembangunan yang tidak merata di wilayah-wilayah terpencil.

Ada sejumlah daerah yang bersedia bergabung dalam pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa, termasuk Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr