sunbanner

Waduh Ibu Kota Calon Provinsi Baru Pemekaran Nusa Tenggara Barat Telah Ditentukan, Sumbawa Besar Pilih Berubah Nama Jadi Apa?

Waduh Ibu Kota Calon Provinsi Baru Pemekaran Nusa Tenggara Barat Telah Ditentukan, Sumbawa Besar Pilih Berubah Nama Jadi Apa?

Nusa Tenggara Barat -map data/google-

Rencana ibukota Provinsi Pulau Sumbawa, yaitu Kecamatan Sumbawa Besar (atau Sumbawa Rae) di Kabupaten Sumbawa, juga telah direncanakan.

Proses pemekaran ini memiliki potensi untuk menciptakan Provinsi Pulau Sumbawa dengan wilayah yang luas, terdiri dari Pulau Sumbawa beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya.



Rencananya, sejumlah kecamatan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat akan masuk dalam Provinsi Pulau Sumbawa, serta menyerap sebagian besar wilayah Provinsi Induk.

Baca juga: Klaten Makin Terpuruk! Banyumas Kini Mampu Naik UMK Berkat Berhasil jadi Juara 1 Kabupaten Penghasil Anggur Terbanyak di Jawa Tengah dengan Total 646,88 Kuintal

Baca juga: Rampung 2024 Lahan Seluas 329 Ha Berhasil Disulap jadi Smelter Nikel di Kalimantan Selatan ini Nilainya Mencapai Rp6 Trilliun





×

Selain itu, perubahan ini diharapkan dapat mengelola potensi sumber daya alam yang kaya dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Namun, proses pemekaran wilayah ini membutuhkan perjuangan dan persetujuan yang panjang dari berbagai pihak terkait dan pemerintah pusat sebelum terwujud.

Tapi dengan dukungan yang kuat dari masyarakat, pemerintah daerah, dan lembaga terkait, proses ini diharapkan dapat berjalan lancar demi terwujudnya Provinsi Pulau Sumbawa.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr