sunbanner

Dua Provinsi Baru Pemekaran Wilayah Aceh Bakal Andalkan Komoditas Pertanian Terbesar! ABS dan ALA Punya Kepanjangan Apa dan Ini Daftar Daerah yang Bergabung

Dua Provinsi Baru Pemekaran Wilayah Aceh Bakal Andalkan Komoditas Pertanian Terbesar! ABS dan ALA Punya Kepanjangan Apa dan Ini Daftar Daerah yang Bergabung

Peta Aceh-map data/google-

Luas wilayah Provinsi Aceh Leuser Antara diperkirakan sekitar 19.290 kilometer persegi, atau sekitar 34 persen dari luas wilayah Provinsi Aceh.

Jumlah penduduknya diperkirakan sekitar 929 ribu jiwa. Sementara itu, Provinsi Aceh Barat Selatan akan memiliki luas wilayah sekitar 17.480 kilometer persegi, atau sekitar 30,5 persen dari luas wilayah Provinsi Aceh, dengan jumlah penduduk sekitar 946 ribu jiwa.



Meskipun isu pemekaran wilayah muncul karena ketidaksejahteraan masyarakat Aceh, terutama yang terkait dengan produksi kelapa sawit, pemerintah Aceh tetap memperhatikan wacana ini.

Baca juga: Pertama Kali di Dunia, Proyek Tol Tanpa Setop yang Didanai Hungaria Akhrinya Sampai Tahap Uji Coba di Bali, Walaupun Sempat Molor 2 Tahun

Baca juga: Bersebelahan dengan Jakarta, Kabupaten Bekasi Dikabarkan Bakal Pecah Bentuk Kabupaten Baru





×

Pemerintah memahami bahwa luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar membuat pelayanan masyarakat menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu, gerakan pemekaran wilayah di Aceh menjadi sebuah alternatif untuk meningkatkan pelayanan dan memastikan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Aceh.

Dalam hal ini, upaya mempertahankan keutuhan NKRI tetap menjadi fokus utama, sehingga pembentukan provinsi baru diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Aceh.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr